Pengawas Pemilu Diminta Jaga Integritas

Ruteng, Ekorantt.com – Anggota Bawaslu Kabupaten Manggarai, Yohanes Manasye meminta pengawas Pemilu untuk menjaga integritas dan bekerja secara profesional.

“Saat kita mengawasi Pemilu, mengawasi peserta Pemilu, kita juga diawasi oleh masyarakat. Oleh karena itu, jaga integritas agar bisa menjalankan tugas pengawasan dengan baik,” kata Yohanes saat berkunjung ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cibal, Rabu, 6 September 2023.

Yohanes menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi antara pengawas Pemilu di semua tingkatan agar instruksi dan distribusi informasi tersampaikan secara tepat dan akurat.

“Pengawasan berjalan dengan baik, salah satunya karena komunikasi dan koordinasi yang baik antara pengawas Pemilu di semua tingkatan, termasuk tingkat kecamatan dan desa kelurahan,” ujar Yohanes.

Yohanes meminta Panwaslu kecamatan dan kelurahan/desa untuk membangun komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder, serta mendorong partisipasi publik dalam pengawasan.

iklan

Yohanes yang menjabat Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Manggarai juga mengapresiasi kinerja Panwaslu Kecamatan Cibal bersama jajarannya dalam pengawasan tahapan Pemilu selama ini.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cibal, Fransiskus D. Gagu berkata, pihaknya telah melakukan sosialisasi bersama pengawas di kelurahan/desa tentang produk hukum Bawaslu dan sejumlah regulasi Pemilu lainnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sejumlah agenda seperti menyambangi partai politik di Kecamatan Cibal untuk menyampaikan sejumlah regulasi pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami juga masif melakukan pengawasan sosialisasi bakal calon anggota legislatif, kegiatan reses anggota DPRD, dan sejumlah kegiatan atau aktivitas politik lainnya untuk memastikan tidak adanya unsur kampanye saat kegiatan tersebut,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA