Bank NTT Dorong Pelaku UMKM di Ngada Naik Level

Bajawa, Ekorantt.com – Bank NTT Cabang Bajawa terus memberi pendampingan terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar naik level. Dorong ini sebagai upaya untuk menciptakan UMKM agar bisa berdaya saing secara global.

Supervisi Kredit Bank NTT Bajawa, Mariela Flaviaba Dopo, menjelaskan pendampingan dilakukan berupa pelatihan untuk meningkatkan sumber daya dan kemampuan kepada pelaku usaha.

“Saat ini ada 79 pelaku UMKM yang menjadi dampingan kita di Kabupaten Ngada mulai dari kerajinan bambu, makanan, hingga kopi,” ujar Mariela.

Untuk membantu permodalan bagi para pelaku UMKM, pihaknya juga menyiapkan akses modal mulai dari kredit merdeka, kredit modal kerja dengan investasi.

Selanjutnya, Bank NTT Bajawa juga membantu agar produk UMKM bisa dipasarkan di supermarket yang ada di wilayah itu.

iklan

Namun demikian, Mariela menyebutkan salah satu yang menjadi kendala bagi para pelaku UMKM saat ini perizinan dan sertifikat halal.

“Kita juga bantu mendaftarkan pelaku UMKM untuk mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Saat ini sudah ada enam yang sudah mendapatkan izin,” jelasnya.

Kendala lain yang dialami para pelaku UMKM yakni produk belum terlalu terkenal. Pihaknya mendorong untuk promosi dan membantu agar produk pelaku UMKM bisa dipasarkan di plafon digital seperti shopee, tokopedia, dan market place lainnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA