Uskup Agung Ende Wafat, Bupati Djafar: Kebaikanmu Sulit Dilukiskan dengan Kata-kata

Ende, Ekorantt.com – Uskup Keuskupan Agung Ende Mgr. Vincentius Sensi Potokota meninggal dunia di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta pada Minggu 19 November 2023.

Kepergiannya menyisakan duka mendalam bagi umat Keuskupan Agung Ende khususnya dan umat Katolik Indonesia umumnya, termasuk Bupati Ende Djafar Achmad.

“Selamat jalan Yang Mulia. Ende kehilangan seorang tokoh spiritual keagamaan yang sangat luar biasa, familiar, kebapakan, kebersamaan dengan umatnya tanpa kenal lelah sampai ke pelosok-pelosok desa menebarkan kebaikan tulus dan bukan saja untuk golongan tertentu tapi untuk semua masyarakat Kabupaten Ende,” ungkap Bupati Djafar kepada Ekora NTT pada Senin, 20 November 2023.

Bupati Djafar mengakui figur Mgr. Vinsensius selalu mengulur tangan kebaikannya terutama dalam masa-masa sulit ketika menghadapi pandemi Covid-19.

“Beliau setiap rapat tentang Covid selalu hadir bersama kami dan memberikan penguatan bagi kami untuk menghadapi situasi yang sulit dan itu membuktikan kepedulian Yang Mulia dan sangat luar biasa terhadap masyarakat,” kata Djafar. 

iklan

“Selamat jalan Yang Mulia. Pribadi saya merasa kehilangan sosok yang utuh dalam kehidupan, kebaikanmu sulit dilukiskan dengan kata-kata. Hanya Tuhan yang tahu. Damailah bersama para Kudus di surga,” kata dia lagi.

Kanselerius Keuskupan Agung Ende, RD Yohanes Stefanus Lando melalui undangan yang dikeluarkan menyebutkan, jenazah Mgr. Vincentius Sensi Potokota akan tiba di Ende pada Selasa, 21 November 2023.

Persiapan dalam rangka penjemputan telah disiapkan, baik di Istana Keuskupan Agung di Ndona maupun di Gereja Katedral Ende. Jenazah akan disemayamkan selama tiga hari hingga Kamis 23 November 2023 sebelum dimakamkan di Istana Keuskupan Ndona .

Romo Yohanes menguraikan, penjemputan jenazah dan tirakatan akan dilaksanakan Selasa, 21 November 2023 pukul 11.00 Wita di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende.

Dilanjutkan dengan Ibadat Sabda di Gereja Katedral Ende pukul 13.00 Wita dan diikuti dengan Misa Requiem pukul 17.00 Wita.

Sementara itu, pada Rabu, 22 November 2023, pukul 17.00 Wita dilakukan Misa Requiem di Gereja Katedral Ende. Untuk misa pelepasan dan prosesi pemakaman dilakukan Kamis, 23 November 2023 pada pukul 09.00 Wita.

Misa pelepasan di Gereja Katedral Ende, pukul 12.00 Wita diikuti dengan prosesi menuju tempat pemakaman Uskup dan para Imam di Ndona dan dilanjutkan dengan ibadat pemakaman.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA