Alfin Parera Puji Koperasi di Sikka, Penyumbang Kredit Beredar Terbesar di NTT

Maumere, Ekorantt.com – Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera memuji keberadaan koperasi di Sikka karena berkembang dan sebagai penyumbang kredit beredar terbesar di NTT.

Alfin Parera, sapaan akrabnya, kemudian menyampaikan terima kasih kepada pengelola koperasi di Kabupaten Sikka karena secara agregat telah menumbuhkan nilai investasi. Pada tahun 2023, misalnya, nilai investasi mencapai 52 persen bagi Kabupaten Sikka.

Koperasi juga, kata dia, menjadi penyumbang angka kredit beredar terbesar bagi masyarakat Kabupaten Sikka pada urutan pertama dengan nilai kredit mencapai kurang lebih Rp3 triliun.

Menurut Alfin Parera, angka kredit beredar itu menjadi bukti betapa sumbangan koperasi begitu besar bagi masyarakat Kabupaten Sikka.

iklan

Meski begitu, ia tetap memberikan peringatan kepada semua pengurus koperasi supaya mewaspadai kredit macet. Peringatan juga ditujukan kepada anggota supaya menaati semua aturan dan ketentuan koperasi.

“Ingat pinjam habis harus taat membayar, gea matan nara, lopa gea sawe dua nolek, (makan mata terbuka, jangan  makan habis tidur nyenyak),” tutur Alfin Parera di hadapan peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT)  ke-17 KSP Credit Unioan Bahtera Sejahtra Tahun Buku 2023 yang berlangsung di Aula Sikka Convention Center (SCC), Sabtu, 27 Januari 2024.

Dikatakan, kredit macet sudah menjadi momok yang menakutkan bagi semua lembaga keuangan tidak terkecuali koperasi.

Karena itu, menurut Alfin Parera, diperlukan strategi dan pendekatan yang baik. Tidak boleh galak-galak kepada anggota.

Para pengurus harus melakukan pendekatan secara humanis agar anggota tidak pergi meninggalkan koperasi. Karena ketika mereka keluar, maka akan menjadi taksin yang akan menyebarkan hal buruk bagi anggota.

Dalam kesempatan tersebut, ia secara khusus memuji pengurus dan manajemen KSP Credit Union Bahtera Sejatra yang telah melaksanakan RAT tepat waktu. Karena dengan proses RAT yang tepat waktu itu akan menumbuhkan kepercayaan dari anggota.

Kepada pengurus KSP  Credit Union Bahtera Sejatra Penjabat, Alfin Parera juga meminta agar dapat mendukung program kebersihan lingkungan kota dengan terlibat pada kegiatan ‘Jumat Bersih’.

Kemudian menyumbangkan pot-pot bunga yang sudah terisi bunga di dalamnya untuk membantu memperindah wajah kota, termasuk memasang lampu selang di pagar depan kantor masing-masing agar kota menjadi terang pada malam hari.

Penjabat sementara Ketua KSP  Credit Union Bahtera Sejahtera RD. Krito Lodo menjanjikan akan memenuhi permintaan Alfin Parera sesuai dengan kemampuan keuangan lembaga.

Terpantau, usai menyampaikan sambutan selanjutnya penjabat memukul gong sebagai tanda dibukanya kegiatan RAT.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA