(Hoaks) Teriakan “Anies Presiden” saat Prabowo Subianto Berpidato

Ruteng, Ekorantt.com – Beberapa waktu belakangan, beredar luas video yang memperlihatkan Prabowo Subianto sedang berpidato yang disambut suara teriakan penuh bising, menyebut “Anis Presiden”.

Di reel pemilik akun Instagram @zara.abidah, salah satunya. Di tengah teriakan “Anis Presiden”, pidato Prabowo Subianto sesekali berhenti sembari menyela “Saya mengerti, memang ada yang mengatakan bahwa hanya bisa joget-joget saja dan saudara-saudara, sebentar saya tanya ini”.

Dalam video tersebut tampak bahasa tubuh Prabowo Subianto seolah-olah sedang menenangkan teriakan “Anis Presiden” dari massa yang hadir.

“Cek ke akun kami, banyak yang putar haluan, pendukung yang lain ikut ketar-ketir,” tulis pemilik akun Instagram @zara.abidah pada caption unggahan videonya. [Klik videonya di sini]

iklan

Sedangkan di tubuh video, ia menulis keterangan “SEMAKIN BANYAK PINDAH HALUAN KE 01. UANG SEDEKAH BOLEH DARI MANA PUN JANGAN DITOLAK COBLOS TETAP NOMOR 01”.

Tercantum bagian atas video bersumber dari suara.com.

Dalam penelusuran Ekora NTT, ditemukan bahwa video itu persis sama dengan video yang ada di akun Instagram @suaradotcom, akun media sosial milik website berita Suara.com.

Screenshot unggahan video pemilik akun Instagram @zara.abidah

Namun, video yang sama justru berisi hal berbeda. Dan, tidak ditemukan suara teriakan “Anies Presiden” saat Prabowo Subianto berpidato. [Cek videonya di sini]

Dalam keterangan video, calon presiden Prabowo Subianto sedang bertatap muka dengan para pendukungnya di Gedung Balai Buntar, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Kamis, 11 Januari 2024 lalu.

“Ada yang bilang omong ke saya, Prabowo hati-hati bicaranya, jangan emosi nanti terpancing, bicaranya harus sopan-sopan,” demikian cuplikan pidato Prabowo Subianto dikutip dari video yang diunggah pemilik Instagram @suaradotcom.

Namun, kata Prabowo, sejak dulu ia adalah orang yang bicara apa adanya.

Dari dua video tersebut disimpulkan bahwa milik akun Instagram @zara.abidah adalah hoaks dan terindikasi kuat diedit ulang untuk kepentingan tertentu.

Sebab, dalam video aslinya sebagaimana diunggah pemilik akun Instagram Suaradotcom tidak ditemukan suara teriakan “Anies Presiden” saat menteri pertahanan itu berpidato.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA