KPU Kabupaten Sikka Bakar 6.909 Surat Suara Pemilu 2024

Maumere, Ekorantt.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka memusnahkan dengan cara dibakar 6.909 surat suara pemilu 2024 yang rusak.

Pemusnahan surat suara tersebut berlangsung di Gudang Logistik KPU Sikka di Gedung Sikka Inovation Center (SIC), Selasa, 13 Februari 2024 malam.

Proses pembakaran disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Sikka, Kapolres Sikka, Dandim 1603/Sikka, Danlanal Maumere, Kesbangpol Kabupaten Sikka, dan juga anggota KPU Sikka beserta seluruh staf.

Ketua KPU Kabupaten Sikka Herimanto mengatakan, surat suara yang rusak berjumlah 6.909 lembar.

iklan

Dari 6.909 surat suara yang dimusnahkan tersebut, ia merinci, sebanyak 23 lembar merupakan surat suara presiden dan wakil presiden dan surat suara anggota DPR sebanyak 239 lembar.

Kemudian surat suara anggota DPR provinsi sebanyak 750 lembar, surat suara anggota DPR kabupaten/kota 5.860 lembar, dan surat suara anggota DPD 37 lembar.

“Tentu ini bagian dari bagiamana memastikan pengelolan dokumen bahwa sisa yang ada harus tidak ada yang tersisa dengan demikian kita memastikan bahwa prosedur pelaksanaan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan nanti ini akan memastikan soal ketepatan dari sisi jumlah dan juga dari sisi pendistribusian sampai dengan di TPS, ” ujarnya.

Menurut dia, surat suara rusak yang dimusnahkan tersebut ditemukan saat proses penyortiran dan pelipatan. Ada juga surat suara DPR provinsi, kabupaten dari daerah lain yang masuk di KPU Sikka.

Adapun kategori surat suara yang rusak yang dimusnahkan antara lain, surat suara robek di bagian surat suara, kena noda tinta, dan foto buram.

Herimanto menambahkan, meski terdapat ribuan lembar surat suara rusak, pihaknya memastikan mulai dari proses penyortiran, pengepakan sampai dengan packing dan pendistribusian sampai di TPS semua dalam keadaan aman. Sebab itu, ia meminta masyarakat untuk tidak perlu takut kekurangan surat suara.

“Kita pastikan jumlah surat suara yang digunakan untuk pemungutan suara di semua TPS di kabupaten Sikka semua aman,” ujarnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA