PLN Prioritaskan Kampung Bora Blupur Teraliri Listrik pada Tahun 2025

Ia memastikan, jika kondisi jalan sudah ada progresnya, maka pihaknya akan mengalokasikan usulan di tahun 2025 untuk pembangunan jaringan listrik.

Maumere, Ekorantt.com – Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur (FBT) PLN Cabang Maumere, Rully Agus Widanarto mengatakan, pihaknya memprioritaskan pembangunan jaringan listrik untuk menerangi Kampung Bora Blupur, Desa Bura Bekor, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka.

“Lokasi ini sudah kita masukkan ke dalam prioritas pembangunan di tahun 2025,” ujarnya kepada Ekora NTT di Maumere, Kamis, 18 Juli 2024.

Menurut Rully, PLN sudah melakukan survei Kampung Bora Blupur pada Rabu 17 Juli 2024 lalu.

“Tim kita sudah turun lapangan survei ulang di lokasi kampung Bora Blupur, tapi akses jalan kondisinya masih seperti survei awal,” ujarnya.

iklan

Sebelumnya, kata Rully, pihaknya juga telah melakukan survei awal di lokasi kampung Bora Blupur pada 20 Juli 2023 lalu. Namun, saat itu pihaknya masih terkendala kondisi jalan rabat yang belum selesai 100 persen.

“Dengan kondisi jalan seperti itu, kami akan mengalami kesulitan untuk operasionalnya. Mobil truk roda empat atau roda enam yang muat tiang listrik atau peralatan lainnya kesulitan masuk sampai kampung, ” ungkapnya.

Ia memastikan, jika kondisi jalan sudah ada progresnya, maka pihaknya akan mengalokasikan usulan di tahun 2025 untuk pembangunan jaringan listrik.

“Terkait kondisi jalan kita sudah sampaikan kepada pemerintah desa setempat. Kita harapkan agar pelaksanaan kelanjutan rabat jalan dipercepat sehingga kita bisa alokasikan tahun 2025, ” ujarnya.

Penjabat Desa Bura Bekor, Nolastus membenarkan, tim PLN telah melakukan survei ulang di lokasi Kampung Bora Blupur.

“Kemarin sudah survei ulang, namun belum bisa ditindaklanjuti karena masih terkendala dengan akses jalan rabat belum 100 persen,” ujarnya.

Terkait kondisi akses jalan, kata Nolastus, pihaknya akan mengalokasikan anggaran tahun 2025 untuk pelaksanaan kelanjutan jalan rabat.

“Kita akan alokasikan anggaran untuk kelanjutan jalan rabat, sehingga kita harapkan rencana PLN untuk alokasikan usulan tahun 2025 untuk pembangunan jaringan listrik ke kampung Bora Blupur dapat terealisasi,” kata Nolas.

Diberitakan sebelumnya Warga Kampung Bora Blupur, Dusun Klotong, Desa Bura Bekor, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, NTT, belum menikmati listrik PLN.

Penerangan listrik PLN menjadi kerinduan warga sudah ratusan tahun sejak kampung Bora Blupur berdiri. Ada 62 Kepala Keluarga (KK) dengan 193 jiwa, dan 39 rumah tangga yang menghuni di Bora Blupur.

Warga Bora Blupur, Gervasius Moa, mengaku, ketiadaan listrik membuat anak-anak beraktivitas dalam kegelapan. Hal ini kata dia menyulitkan anak-anak belajar pada malam hari.

“Kasihan anak-anak hanya menggunakan lilin atau lampu minyak tanah. Itu bahaya untuk kesehatan mereka, asapnya bisa kena mata dan masuk ke hidung,” ujarnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA