Terapkan Pembayaran Non Tunai di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Pelindo Gandeng Tiga Bank Himbara

Messak Sory mengatakan, pihaknya mendukung penerapan sistem payment cashless yang dilakukan oleh Pelindo demi kemajuan Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Maumere, Ekorantt.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 Maumere menerapkan sistem pembayaran non tunai atau payment cashless pada Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Demi memperlancar sistem pembayaran tersebut, pihak Pelindo bekerja sama dengan tiga bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

General Manajer Pelindo Regional 3 Maumere, Erry Adiyanto mengatakan, peralihan transaksi keuangan dari tunai ke non tunai diyakini bisa membawa dampak positif, baik bagi masyarakat, pelabuhan, maupun untuk kemajuan ekonomi.

Erry menjelaskan, pembayaran non tunai adalah salah satu program pemerintah yang harus dilaksanakan. Masyarakat diharapkan untuk mendukungnya.

iklan

“Saya berprinsip segala sesuatu dapat terwujud apabila kita bersama-sama bersatu dan kompak untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya kepada Ekora NTT di Maumere, Selasa, 23 Juli 2024.

Erry menuturkan, sebelumnya pada tahun 2018 Pelindo Regional 3 Maumere telah menerapkan transaksi penebusan jasa order peti kemas. Kini dilanjutkan dengan penerapan sistem payment cashless masuk pelabuhan.

“Kita sudah sosialisasikan sejak tiga bulan lalu. Dan sudah tujuh kali pertemuan dengan tokoh masyarakat, pengusaha, perwakilan dari asosiasi ojek pelabuhan termasuk TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat). Kita mengedukasi masyarakat terkait manfaat penerapan payment cashless,” ucapnya.

Menurut Erry, penerapan payment cashless bukan untuk mempersulit masyarakat, tetapi salah satu bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mempermudah transaksi.

“Artinya masyarakat tidak repot-repot bayar pakai uang, tapi cukup bawa kartu cashless yang terisi saldo bisa melakukan transaksi di pelabuhan. Cashless bisa juga dipakai di manapun selama terdapat sistem yang sudah terkoneksi dengan sistem di masing-masing bank baik pemerintah maupun swasta,” ujarnya.

Erry menerangkan, cara kerja sistem penerapan payment cashless saat masuk pelabuhan, kartu cashless ditempelkan di mesin sensor. Nanti akan terpotong secara otomatis sesuai dengan nominal tarif kendaraan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan RI.

“Nanti sensor akan membaca yang masuk itu mobil golongan berapa, akan terpotong secara otomatis saldonya langsung masuk kas negara. Dan langsung terdeteksi dan diawasi oleh negara,” kata Erry.

Pimpinan Cabang Bank Mandiri Maumere, Herlin Apriani Rosmiyati Raga Lawa mengatakan, pihaknya mengapresiasi PT Pelindo yang telah menerapkan sistem payment cashless pertama di Pelabuhan Maumere.

“Dari sisi perbankan kami juga harus menyukseskan apa yang diminta oleh pemerintah, dalam hal ini adalah cashless karena untuk mengurangi peredaran uang tunai, dan juga bisa menertibkan masyarakat dalam hal pengelolaan keuangan,” kata Herlin.

Mungkin selama ini, kata dia, masyarakat ada yang belum terbiasa ke bank dan lebih banyak melakukan transaksi tunai.

Dengan penerapan payment cashless, masyarakat diharapkan mulai mengenal transaksi perbankan. Ke depannya diharapkan masyarakat lebih maju dalam transaksi perbankan.

“Dan lebih maju lagi dengan kabupaten lain,” imbuh Herlin.

Ia menambahkan, biaya kartu cashless dari Bank Mandiri sebesar Rp27.500 untuk pembelian kartu tanpa saldo. Untuk pengisian saldo bisa diakses melalui mandiri ATM dan agen yang tersebar di Maumere.

“Kami juga bisa mempromosikan e-banking kami yakni Livin by Mandiri, sehingga bisa langsung top up melalui e-banking Mandiri. Kalau sudah punya rekening Mandiri dan sudah ada saldonya bisa langsung top up sendiri di handphone masing-masing,” jelasnya.

Pimpinan BNI Maumere, I Gede Widiartha mengatakan, untuk biaya pembukaan kartu cashless hampir sama dengan Bank Mandiri. Namun untuk proses saldo di dalam kartu cashless maksimal Rp2 juta.

“Artinya di dalam kartu cashless itu ada uang tunai Rp2 juta bisa diakses memulai SuperApp BNI, yakni Wondr by BNI. Bisa juga diakses melalui ATM, kantor cabang dan juga counter agen BNI 46,” jelasnya.

Bagi dia, penerapan payment cashless oleh Pelindo bertujuan membantu masyarakat untuk mempermudah proses transaksi masuk pelabuhan.

“Dengan peralihan tunai ke non tunai ini sudah saatnya masyarakat bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Widiartha.

Bidang Lalu Lintas Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Lorens Say, Messak Sory mengatakan, pihaknya mendukung penerapan sistem payment cashless yang dilakukan oleh Pelindo demi kemajuan Pelabuhan Lorens Say Maumere.

“Bentuk dukungan dari KSOP, kita bantu personel, sekaligus bantu sosialisasikan terkait penerapan payment cashless di Pelabuhan Lorens Say Maumere,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA