TNI Buka Akses Jalan Lintas Desa di Sikka

Pembukaan akses jalan sepanjang 3.500 meter dan lebar 4 meter tersebut merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1603/Sikka ke-121.

Maumere, Ekorantt.com – TNI membuka akses jalan lintas wilayah di Desa Riit, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pembukaan akses jalan sepanjang 3.500 meter dan lebar 4 meter tersebut merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1603/Sikka ke-121.

Dandim 1603 Sikka, Letkol Czi, Setiawan Nur Prakoso Utomo menuturkan, akses jalan tersebut diharapkan dapat memperlancar mobilitas warga Desa Riit dan sekitarnya.

“Saat saya survei awal lokasinya sulit dan jurang sehingga warga kesusahan membawa hasil bumi. Dengan dibukanya akses jalan ini dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat terutama hasil bumi di desa,” ujarnya saat coffee morning bersama awak media, Senin, 22 Juli 2024 di Makodim Sikka.

Setiawan menyebut, tahun 2024 ini, pihaknya juga mendapat dukungan anggaran dari Pemkab Sikka sebesar Rp1 miliar dalam program tersebut.

iklan

“Program TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi fokus juga pada kegiatan sosial lain diantaranya, penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan kegiatan lainnya dilakukan bersama masyarakat,” terang dia.

Ia mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat agar dapat mempercepat proses pekerjaan jalan ini.

Program tersebut melibatkan 115 personil, terdiri dari personil Kodim 1603/Sikka, Batalion Armed 20, Arhanud 9 Kupang, dan Yon Zipur Kupang.

Dalam kesempatan itu, Dandim Setiawan juga mensosialisasikan terkait lomba Karya Jurnalistik TMMD (LKJ) ke-121 yang diselenggarakan oleh Dinas Penerangan Angkatan Darat guna memberikan gambaran terkait pelaksanaan TMMD kepada publik.

“Keberhasilan TMMD ini tidak terlepas dari peran semua pihak termasuk insan pers, baik media online, cetak, elektronik,” tutur dia.

Kepala Desa Riit, Solvinus Go Epi mengatakan akses jalan yang dibuka oleh Kodim 1603 Sikka menghubungkan Desa Riit, Desa Mahebora, Desa Kara Kabu, Desa Tada Lado di Kecamatan Nita.

Akses itu juga dapat menghubungkan ke Desa Gera, kampung Detukopi, Desa Liakutu di Kecamatan Mego.

“Kalau lewat Detukopi akses jalan ini menghubungkan Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende, untuk jalur Tengah,” ujarnya kepada Ekora NTT, Kamis, 25 Juli 2024.

Selain itu, akses jalan ini juga menghubungkan ke lokasi wisata kolam alam Liwung Lero Tala Wair yang selama ini belum diakses oleh warga.

Ia mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembukaan aksen jalan di Desa Riit.

Solvinus berkata, dengan adanya program TMMD ini sangat membantu dan bermanfaat bagi warga Desa Riit karena akses jalan yang sedang dikerjakan ini memperlancar akses pertanian.

“Semoga dengan akses jalan ini dapat membantu meningkatkan ekonomi warga Desa Riit. Warga sudah bisa ke kebun mengambil hasil komoditi, seperti kakao, kemiri, cengkeh, dan holtikultura,” pungkas di.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Donatus David yang telah menyetujui anggaran.

Tak lupa terimakasih kepada Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, dan Dandim 1603 Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, karena selama kurang lebih 30 tahun masyarakat tidak pernah mengakses jalan ini ke kebun dan desa.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA