Kopdit Pintu Air Berikan Literasi Keuangan bagi Anggota di Bima, NTB

Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Dompu, Abdul Rahman Na’u saat pemaparan materi mengungkapkan literasi keuangan itu sangat penting agar setiap anggota paham tujuan menggunakan uang.

Bima, Ekorantt.com  – Manajemen Kopdit Pintu Air Cabang Dompu memberikan pendidikan literasi keuangan kepada sejumlah anggota di Kantor Tempat Pelayanan Sila, Desa Timu, Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu, 14 September 2024.

Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Dompu, Abdul Rahman Na’u saat pemaparan materi mengungkapkan literasi keuangan itu sangat penting agar setiap anggota paham tujuan menggunakan uang.

Tujuan keuangan adalah merencanakan keuangan untuk memenuhi kebutuhan keuangan pada waktu yang akan datang sehingga anggota bebas dari kesulitan keuangan.

Abdul Rahman mengatakan tujuan keuangan yang dikembangkan oleh Kopdit Pintu Air bagi anggota meliputi, bagaimana anggota dapat menciptakan aset, menciptakan dana hari tua atau pensiun, menciptakan dana darurat untuk membiayai kesehatan, menyediakan dana pendidikan anak, dan menciptakan dana untuk rekreasi.

iklan

“Anggota yang meminjam kita dorong untuk berinvestasi artinya kita beri modal untuk mengembangkan usaha produktif berdasarkan peluang yang ada di masing-masing wilayah,” tutur dia.

Ia menambahkan bahwa setelah pencairan pinjaman, manajemen akan melakukan pendampingan secara rutin guna mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan oleh anggota. 

Selain itu agar anggota selalu menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk ditabung.

Liliyanti, salah seorang anggota yang turut hadir dan mengikuti kegiatan itu mengaku senang karena manajemen Kopdit Pintu Air telah memberikan pemahaman kepadanya tentang manajemen keuangan.

Ia berjanji akan menggunakan uang yang diberikan benar-benar untuk menjadi modal bagi pengembangan usahanya.

“Saya bangga menjadi anggota Kopdit Pintu Air. Semoga setelah memahami literasi keuangan dapat mengubah pola hidup saya menjadi lebih baik melalui pengelolaan keuangan yang tepat sasar dan berdaya guna demi hidup yang sejahtera lewat menabung dan investasi,” kata Liliyanti.

Liliyanti merupakan salah satu dari 1.100 anggota di TP Sila, yang memiliki aset kurang lebih Rp4 miliar dan pinjaman beredar sebesar Rp2 miliar.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA