Bineng Maing dan Tarian Hamang Warnai Eksplorasi Budaya di Desa Kalikur

Lewoleba, Ekorantt.com – Ratusan warga dari Desa Kalikur, Kecamatan Buyasuri antusias dalam pelaksanaan festival eksplorasi budaya Lembata yang terjadi pada Rabu (16/2/2022). Eksplorasi budaya dengan menampilkan acara adat Bineng Maing dan tarian massal Hamang ini terjadi di bawah pohon beringin depan mesjid yang oleh warga setempat disebut Leu Puhe Alang Aya.

Di hadapan Bupati Thomas Ola dan rombongan, para tetua adat menampilkan proses adat Bineng Maing. Ritus ini menggambarkan suasana penyerahan belis (mahar) dari pihak keluarga laki-laki kepada perempuan. Acara ini berjalan lancar dan mendapat sambutan yang meriah dari ratusan warga yang menyaksikan langsung kegiatan budaya.

Acara Bening Maing  kemudian dilanjutkan dengan tarian massal yang dibawakan warga setempat. Tarian ini menggambarkan persatuan sebagai penopang kekuatan warga Kedang.

Suasana meriah semakin memuncak tatkala Bupati Thomas turut serta dalam lingkaran tarian hamang. Nampak para tetua, mama-mama, anak-anak muda bersatu padu dalam tarian itu.

Salah seorang tokoh muda, Abdul Gafur R. Sarabiti pun mengungkapkan kebanggaannya pada pelaksanaan festival eksplorasi budaya. Anak muda asal Desa Kalikur ini mengharapkan agar kegiatan berbasis budaya lokal ini mesti memiliki tujuan yang jelas.

iklan

Selain itu, sebagai pegiat budaya, ia mengharapkan agar tindak lanjut dari kegiatan ini, budaya-budaya Lembata yang tercecer di berbagai sudut daerah mesti didata ulang secara baik.

“Saya berharap sekali agar salah satu capaian atau tujuan penting dari penyelenggaraan ekplorasi budaya ini adalah diperbaharuinya dokumen pokok pikiran kebudayaan Lembata,” ujar Abdul.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA