Guru dan Penerjemah Pater Alex Beding, SVD Tutup Usia

Maumere, Ekorantt.com – Sosok imam sulung dalam Serikat Sabda Allah (SVD) yang berasal dari tanah Lembata, Pater Alex Beding, SVD telah tutup usia di Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante, Maumere, pada Sabtu (12/3/2022), pukul 04.22 WITA.

Ketika dihubungi Ekora NTT, Pater Otto Gusti Madung, SVD, Ketua STFK Ledalero mengatakan, Pater Alex Beding adalah seorang misionaris SVD paling tua di Provinsi SVD Ende dan ia meninggal  pada usia 98 tahun.

“Pater Alex Beding, SVD adalah misionaris SVD tertua di Provinsi Ende, meninggal dunia pada hari ini, Sabtu, 12 Maret 2022, jam 04:22 di RS Kewapante; umur 98 tahun 2 bulan, imam 71 tahun, kaul 77 tahun,” terang Pater Otto.

Untuk diketahui, P. Alex Beding, SVD akan dimakamkan sore ini di Pekuburan Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero.

Beberapa jam sebelum meninggal dunia, Pater Alex sempat berkomunikasi dengan Pater Paulus Budi Kleden SVD, Superior General SVD dari Roma melalui video call.

iklan

Guru dan Penerjemah

Dalam riwayat hidupnya, almarhum Pater Alex ternyata adalah sosok guru dan pendidik yang cerdas dan mengabdikan diri untuk para seminaris di Seminari Mataloko.

Imam kelahiran Lamalera-Lembata ini dipercayakan untuk mengajar Bahasa Indonesia dan kemudian berpindah ke Ende hingga mendirikan Mingguan Dian.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang beredar di grup Forum Wartawan NTT, Frans Padak Demon menulis, Pater Alex adalah sosok yang mengubah Biro Naskah Percetakan Arnoldus menjadi Penerbit Nusa Indah.

“Almarhum yang telah merayakan 70 tahun imamat dan 77 tahun berkaul ini terkenal sebagai penerjemah buku dan artikel dari bahasa Belanda, Jerman atau Inggris ke dalam bahasa Indonesia,” tulis Frans.

Lebih jauh, Frans menguraikan, almarhum Pater Alex Beding, SVD mengisi masa tuanya dengan aktivitas menulis dan menerjemahkan buku selama dirinya tinggal di Biara Santo Arnoldus Larantuka dan terakhir di Biara Simeon Ledalero

Saudara sulung dari almarhum Marsel Beding, mantan wartawan Kompas yang kemudian menjadi anggota DPR RI ini rupanya lahir dari keluarga yang berpendidikan.

Salah seorang adik almarhum adalah juga seorang imam, yakni Pater Bosco Beding, SVD, yang meninggal tahun 1989 karena kecelakaan lalu lintas di Jln. Matraman Jakarta saat bertugas sebagai Sekretaris Komsos KWI dan menjadi anggota Badan Sensor Film Nasional.

Tidak hanya itu, seorang adik almarhum, Suster Benedicta Beding, CIJ, almarhumah adalah pendiri Panti Asuhan Naungan Kasih yang saat ini terletak di Jalan El Tari Ende.

Untuk melanjutkan informasi dari Provinsi SVD Ende, hari ini almarhum Pater Alex Beding, SVD rencananya akan dikebumikan di Pekuburan SVD-Ledalero, Maumere, Nusa Tenggara Timur dengan misa requiem dipimpin oleh Provinsial SVD Ende, Pater Lukas Jua, SVD.

Eto Kwuta

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA