OMK Tuan Meninu Paroki San Juan Ikut Pembinaan Karakter melalui Kemah Rohani Terpimpin

Larantuka, Ekorantt.com – Orang Muda Katolik (OMK) Tuan Meninu, Paroki San Juan, Keuskupan Larantuka mengikuti pembinaan karakter melalui kegiatan Kemah Rohani Terpimpin.

Pembentukan karakter lewat Kemah Rohani ini berlangsung dari Jumat 29 April – 1 Mei 2022 yang bertempat di Pantai Meting Doeng, Kabupaten Flores Timur.

Diketahui, sebanyak 30 orang ari Kota Rowido, yang terdiri dari pelajar SMP, SMA, dan Orang Muda Katolik yang baru menyelesaikan kuliahnya.

Eman Diaz, koordinator mengatakan, kegiatan ini berangkat dari panggilan untuk mengakomodir keinginan serta motivasi dari anak-anak muda yang kini masih dalam proses mencari bentuk yang cocok untuk pengembangan mental rohani dan jasmani.

“Di tengah situasi dunia yang semakin berkembang, setiap orang khususnya generasi muda senantiasa dituntut untuk mencari bentuk serta model pengembangan diri dan karakternya untuk bisa hidup dan beradaptasi dengan lingkungan serta kondisi aktual yang dihadapinya,” kata Eman.

iklan

Tahun ini, terang Eman, Gereja Keuskupan Larantuka dalam program tahunnya yang sedang berjalan, memfokuskan tahun ini sebagai Tahun Program Orang Muda Katolik yang selalu bersentuhan langsung dengan orang muda.

Untuk menjawab program keuskupan ini, Eman menjelaskan, setiap paroki diberi kesempatan menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan riil di lapangan.

“Kemah Rohani ini begitu efektif bagi kaum muda yang hidup di era milenium ini. Selama kemah ini, mereka diberi pendampingan seputar pengenalan diri, pendampingan rohani, dan juga Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar dan sedikit outbond yang relevan dan aktual,” jelas Eman.

Romo Odel, moderator OMK Paroki San Juan Lebao merasa senang dan bangga karena orang muda bisa melibatkan diri dalam kegiatan ini.

“Kegiatan rohani seperti ini dengan model yang sangat relevan dengan situasi orang muda. Ada nuansa persaudaraan dan kerja sama yang tercipta di sana,” katanya.

Dengan metode yang santai dan rileks, Romo Odel memotivasi, menggerakkan, dan mengarahkan OMK untuk menemukan diri sebagai orang muda yang selalu siap mengambil bagian dalam kehidupan menggereja.

Sementara itu, Silvester Witin ketika diminta pendapatnya mengatakan, ia memberikan materi Spirit Leadership atau Semangat Kepemimpinan yang mesti hidup dan tumbuh dalam diri Orang Muda Katolik.

“Saya mengawali penyajian materi ini dengan membuka lantunan musik Reggae Bob Marley, One Love. Lagu ini menggugah mereka untuk boleh bersatu hati dan bergandengan tangan untuk membangun Gereja dan Lewotana secara bersama-sama dalam bimbingan Tuan Meninu,” jelas Silvester.

Silvester menambahkan, kegiatan Kemah Rohani ini berjalan dengan sangat menarik lantaran OMK bisa menikmati view pantai yang berlatar arus Gonsalu dan Pulau Mas yang menyimpan sejuta pengalaman yang menarik.

“Pada akhirnya, Orang Muda Katolik Tuan Meninu membuat komitmen bersama untuk selalu memberikan dirinya untuk Tuhan dan Lewotana,” tutup Silvester.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA