Smansa Larantuka Rayakan HUT RI dalam Sentuhan Nilai Budaya

Larantuka, Ekorantt.com – SMA Negeri 1 Larantuka menggelar aneka kegiatan untuk merayakan HUT RI ke-77.

Silvester Kian Witin mengatakan, geliat hikmah perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun ini digaungkan Smansa Larantuka dengan aneka kegiatan berbasis budaya.

“Generasi muda penerus cita-cita kemerdekaan yang telah dicetuskan oleh para founding fathers harus ditambal dengan sentuhan nilai-nilai budaya,” katanya.

Sil bilang, setelah dua tahun lebih setelah bangsa ini diimpit pandemi Covid-19, kali ini animo warga Smansa Larantuka tampak seperti semangat para pahlawan.

“Kita buat aneka kegiatan sesuai arahan dan petunjuk dari Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka setiap Warga Sekolah baik, SMA/SMK maupun MA, wajib menggelar aneka kegiatan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-77 di setiap komunitas pendidikannya,” jelas Sil.

iklan

Kali ini, lanjut Sil, warga Smansa Larantuka tak ketinggalan dengan aktivitas baris-berbaris, peragaan fashion show busana daerah, tarian daerah hingga persiapan aneka bahan untuk kegiatan Basar Kewirausahaan antar kelas.

“Persiapan itu mulai dilaksanakan pada setiap sore hari sejak tanggal 10 Agustus 2022 di SMA Negeri 1 Larantuka, di bawah koordinasi Wakasek Kesiswaan, Wakasek Humas dan Pembina OSIS serta para wali kelas,” ungkap Sil.

Sementara itu, pada Jumat (12/8/2022), Kepala SMA Negeri 1, Drs. Yakobus Milan Betan membuka kegiatan dengan parade bersama setiap peserta lomba, dan dilanjutkan dengan perlombaan baris-berbaris antar kelas.

Mengenakan pakaian adat yang bernilai budaya tinggi/Ekora NTT

Yakobus mengatakan, pada momen itu juga ada pelepasan Gudep Pramuka SMA Negeri 1 Larantuka untuk kegiatan Perkemahan Tingkat Kabupaten Flotim di Adonara-Lamahala.

Setelah itu, pada Sabtu (13/8/2022), dilanjutkan dengan perlombaan tarian tradisional antar kelas.

“Setiap kelas menampilkan 2 kekhasan tarian tradisional Soka Seleng dan Murong Ae dan juga tarian Bajo yang merupakan kekhasan daerah saat perhelatan pesta perkawinan atau pesta lainnya,” tutur Yakobus.

Selanjutnya pada hari Senin (15/8/2022), dilaksanakan Lomba Peragaan Busana Daerah atau fashion show dengan khazanah pakaian daerah NTT.

Aneka kegiatan ini, lanjut Kepsek Yakobus, dilaksanakan sebagai bukti kecintaan peserta didik atau warga Smansa Larantuka terhadap perjuangan para pendahulu dan para pahlawan kemerdekaan ini dan juga sebagai bukti bahwa semua warga sepatutnya menghargai nilai-nilai luhur warisan para pejuang bangsa ini.

“Cita-cita serta semangat dan nilai-nilai luhur ini mesti ada, melekat dan bertumbuh dengan baik dalam sanubari kita para generasi muda penerus cita cita bangsa ini,” katanya.

Sebagai informasi, aneka kegiatan perlombaan ini diselingi juga dengan kegiatan kewirausahaan.

Setiap kelas diberi kesempatan menampilkan hasil kreativitas mereka berupa basar ekonomi, menyediakan minuman, dan makanan ringan untuk dibeli dan dikonsumsi oleh warga Smansa Larantuka dengan kisaran harga terjangkau.

Dalam perayaan puncak, ada juga Misa Kenegaraan pada tanggal 16 Agustus 2022 sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dan perayaan apel bendera di setiap kelurahan dan sekolah masing-masing dengan mengusung tema utama PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT.

“Untuk Bangsa Tercinta Indonesia, segenap warga Smansa Larantuka bertutur: DIRGAHAYU BANGSAKU INDONESIA, AD MULTOS ANOS!” tutup Kepsek Yakobus.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA