SMAK Syuradikara Raih Juara I CCK XI se-NTT di Kupang

Kupang, Ekorantt.com – SMAK Syuradikara Ende berhasil menjadi Juara 1 Cerdas Cermat Kimia (CCK) XI se-NTT 2022 di Kupang.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia Undana, SMAK Syuradikara Ende berhasil mengalahkan tiga tim lainnya di babak final.

Tiga tim tersebut adalah SMAN 1 Adonara Timur yang menjadi Juara 2, SMAK Giovani Kupang Tim A yang menjadi Juara 3 dan SMA Katolik Frateran Ndao Tim A menjadi Juara 4.

Kegiatan ini berlangsung di Aula FKIP Undana Kupang pada Sabtu (17/9/2022) yang juga dihadiri mahasiswa, dosen, Alumni Pendidikan Kimia Undana Kupang dan guru pendamping peserta lomba CCK XI dan para penonton yang menjadi suporter setiap tim.

Selain itu perwakilan dari Ormawa Kampus Undana Kupang juga turut memeriahkan kegiatan tersebut dengan berpartisipasi secara langsung.

iklan

Setelah memastikan diri menjadi juara, Pras salah satu peserta dari SMAK Syuradikara sekaligus ketua tim yang meraih Juara 1 mengungkapkan, kunci kemenangan mereka adalah memanfaatkan waktu belajar dengan baik.

”Belajar jangan hanya tunggu dari guru saja. Tapi luangkan waktu di luar sekolah. Manfaatkan dengan baik karena menjadi juara itu tidak instan, harus bertahap,” ungkap Pras.

Pras juga menyampaikan bahwa pada babak final, yang menjadi sangat penting adalah mental dan permainan taktik serta logika.

”Pada babak semifinal dan final ini mirip tetapi mental kita ketika di depan beda dengan saat online dari babak seleksi sampai babak 16 besar. Itu sangat beda jauh. Jadi babak final itu lebih spesifik bermain taktik dan logika,” lanjut Pras.

Senada dengan yang diungkapkan dengan anak bimbingannya, Stephanie B. Valeria, pembimbing dari SMAK Syuradikara Ende mengungkapkan, kunci kemenangan ada dalam persiapan sebelum lomba.

“Jadi ada 2 orang yang sudah dipersiapkan sejak kelas 1. Sedangkan yang lain itu, sejak surat masuk ke sekolah, itu kami sudah mulai persiapan sedikit-sedikit, tidak rutin. Tapi sejak awal kegiatan, sebelum mulai babak seleksi kami sudah persiapan,” ungkapnya sembari mengapresiasi kegiatan CCK XI se-NTT.

”Untuk kegiatan ini sangat luar biasa. Dengan adanya kegiatan ini sudah sangat luar biasa ditambah lagi kami yang masuk 8 besar ini hanya menyediakan akomodasi perjalanan tetapi mulai dari makan minum, perjalanan dari Tenau ke Hotel segalanya sudah disiapkan oleh mahasiswa, itu sangat luar biasa, sangat saya apresiasi,” sambungnya.

Dengan keberhasilan ini, SMAK Syuradikara Ende menjadi Juara 1 dan mendapatkan Piala Bergilir CCK XI se-NTT.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA