Penampakan Basarnas Maumere Siaga SAR Khusus Prosesi Laut Semana Santa

Maumere, Ekorantt.com – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Mexianus Bekabel, melaporkan prosesi laut Semana Santa berjalan aman dan lancar.

“Syukur kepada Tuhan seluruh kegiatan pengantaran Tuan Maninu berjalan dengan aman dan terkendali hingga prosesi laut selesai,” ujar Mexianus dalam keterangan tertulis, Jumat (7/4/2023) sore.

Siaga SAR khusus pada prosesi laut mulai dari perairan Pantai Kota depan Kapela Tuan Meninu, Kelurahan Sarotari menuju Pantai Kuce di Kelurahan Larantuka.

Basarnas Maumere mengerahkan alut RIB (Rigid Inflatable Boat) 1 unit dan Rubber Boat 2 Unit saat prosesi laut. Penampakan peralatan Basarnas itu menjadi kekuatan baru selama prosesi laut.

Mexianus menyebut, sebanyak 18 orang tim recsue Basarnas Maumere ditugaskan untuk menyiaga SAR khusus. Hal itu sesuai permintaan Pemkab Flores Timur untuk mendukung kegiatan keagamaan itu.

iklan

“Pelaksanaan siaga SAR khusus fokus pada pengantaran Tuan Maninu. Seluruh tim rescue benar-benar standbye pada alut yang telah dikerahkan,” ujar Mexianus.

Dalam tata cara itu, adapun masyarakat pengusung Tuan Ana menggunakan perahu dayung sebanyak 30 unit. Sedangkan kapal-kapal yang mengangkut peziarah sebanyak 20 unit.

Sementara unsur potensi SAR yang terlibat pada pengamanan Pekan Suci Paskah Semana Santa diantaranya Tim Rescue Kantor SAR Maumere,Tim Lantamal VII Kupang, Tim Lanal Maumere.

Selanjutnya, Tim Ditpolairid Pold NTT, Tim Kodim 1624 Flores Timur, Tim Polres Flores Timur, dan BPBD Kabupaten Flores Timur.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA