Lakukan Evaluasi, SKB Randong Akan Terapkan Kurikulum Merdeka PAUD

Ruteng, Ekorantt.com – PAUD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Randong, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, mengadakan evaluasi program tahun ajaran 2022/2023 pada Rabu, 7 Juni 2023.

Pada saat yang sama, dilakukan pula sosialisasi program tahun ajaran 2023/2024 dan sosialisasi kemitraan sekolah keluarga PAUD SKB Randong.

Kepala UPTD SKB Randong, Sebastiana Ngening mengatakan, PAUD SKB Randong akan melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dua kali selama tahun ajaran 2023/2024 nanti.

Kegiatan pertama bertajuk ‘Kita Semua Bersaudara’ yang berlangsung pada Agustus 2023.

Kata Sebastiana, pihaknya melakukan kegiatan menonton film dan mendengar dongeng bersama dengan anak-anak penyandang disabilitas.

iklan

Kegiatan kedua bertema ‘Aku sayang Bumi’ yang diadakan Januari 2024. Anak-anak dilatih untuk menanam padi di sawah.

“Anak-anak lebih mengasah keterampilan mereka di luar kelas. Dan itu sangat penting,” terangnya.

Sebastiana bilang, selama tahun ajaran 2022/2023, PAUD SKB Randong menerapkan Kurikulum 2013 PAUD sebagai dasar program. Akan tetapi, untuk tahun 2023/2024, pihaknya telah mendaftarkan diri sebagai lembaga yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka PAUD sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran harus lebih menyenangkan, materi lebih disederhanakan dan lebih disesuaikan dengan sumber daya yang ada di sekitar lingkungan anak,” tuturnya.

Selain itu, dalam Kurikulum Merdeka ada Projek Penguatan Profil belajar Pancasila (P5).  Kegiatan tersebut merupakan kegiatan khusus yang dilakukan dua kali setahun.

Menurutnya, seluruh isi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) PAUD SKB Randong telah disusun oleh tim pengembang kurikulum.

“Kami menunjukkan bahwa PAUD SKB Randong tidak asal saja menyelenggarakan PAUD. Secara berkala kami juga melakukan pendidikan dan pelatihan untuk para pendidik dan melibatkan seluruh staf dan sumber daya di UPTD SKB Randong untuk kepentingan pendidikan anak,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA