Geliat YBF Melalui Surat Wasiat Almarhum Pater Heinrich Bollen

Maumere, Ekorantt.com – Yayasan Bollen Flores (YBF) terbentuk atas pesan almarhum Pater Heinrich Bollen yang tertuang dalam surat wasiat. Pater asal Jerman itu meninggal dunia pada akhir 2020 di RSUD TC Hillers Maumere.

Sebelum wafat, sosok pejuang kemanusiaan itu sempat menulis sebuah wasiat tentang kemanusiaan yang akan diteruskan oleh ketiga anak asuhnya Manase Gaib, Maria Magdalena dan Hendrikus Lehan.

Ketiganya lalu membentuk suatu fons atau yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kesehatan.

Direktur Pelaksana Program Kerjam Klotilda Yunita Marlin, menjelaskan dalam bidang pendidikan YBF mendirikan program Teras Belajar Anak (TBA) untuk usia anak, membantu anak-anak dalam hal belajar baca, tulis, berhitung dan motorik lainnya.

“Kehadiran tim pendidikan Bollen Flores bekerjasama dengan para guru dalam membantu anak-anak yang masih bermasalah dalam hal membaca, menulis dan berhitung,” ujar Klotilda kepada Ekorantt.com, Jumat (14/01/2022).

iklan

Ia menyatakan hingga saat ini YBF sudah bekerjasama dengan SDK Waiara dan menangani 70 anak.

Sedangkan untuk 1 TBA lainnya dikhususkan untuk 12 remaja yang dibekali dengan program belajar Bahasa Inggris, penggunaan media sosial, disiplin diri dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan remaja.

Sarjana Pendidikan Biologi jebolan Unipa Indonesia itu menyatakan YBF juga bekerjasama dengan pihak sekolah dan pemerintah setempat memberikan bantuan berupa buku-buku untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan anak.

Menyinggung tentang karya di bidang sosial, alumni SMAK Frater Makassar mengatakan tim YBF sementara turun ke lapangan untuk mengadakan survei ke sekolah untuk mendapatkan anak yang kurang mampu secara finansial tetapi berprestasi untuk mendapatkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan uang sekolah.

“Juga mendata lansia yang hidup sendirian untuk mendapat bantuan sembako. Semua ini masih dalam taraf survei dan kami harus mendapatkan data akurat sehingga bantuan tepat sasaran,” ungkap Klotilda.

Dalam bidang gizi kesehatan, YBF membantu anak dalam hal masalah nutrisi yang menunjang perkembangan berat badan dan tinggi badan serta kebersihan diri mulai dari kepala sampai ujung kaki.

Untuk diketahui Yayasan Bollen Flores terbentuk oleh karena surat wasiat almarhum Pater Heinrich Bollen yang menuliskan bahwa ketiga anak asuhnya Manase Gaib, Maria Magdalena dan Hendrikus Lehan.

Wasiat itu untuk membentuk suatu fons atau yayasan bernama Bollen Flores karena karya-karya besar Pater Bollen selama berada di Flores dikenal oleh para donatur dan sponsor dengan sebutan ‘Bolflo’ Bollen Flores. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kesehatan.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA