(Hoaks) Timnas Uzbekistan U-23 Didiskualifikasi Usai ‘Kepergok’ Suap Wasit

Meski demikian tidak lantas membuat AFC langsung mendiskualifikasi Timnas Uzbekistan U-23. Dengan demikian, informasi tersebut adalah hoaks.

Ruteng, Ekorantt.com– Duel sengit tersaji antara Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar, pada Senin, 29 April 2024 pukul 22.00 Wita.

Timnas Indonesia harus bermain dengan 10 orang saja dalam laga ini usai Rizky Ridho diganjar kartu merah oleh wasit Shen Yinhao yang memimpin laga semi-final dalam Piala Asia U-23 tahun 2024 itu.

Wasit asal China ini langsung memberikan kartu merah kepada Rizky Ridho setelah melanggar keras kapten Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov.

Dalam tayangan ulang Rizky Ridho dianggap sengaja menjegal Jaloliddinov. Kaki kanan Ridho menendang bola tidak langsung ditekuk, sehingga mengenai paha dan bagian vital Jaloliddinov.

Laga sengit yang berlangsung ‘dramatis’ ini cukup menegangkan para suporter Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, gol Muhammad Ferarri pada menit ke-61 dianulir wasit Shen Yinhao setelah melakukan tinjauan melalui tayangan Video Assistant Referee (VAR).

iklan

Alhasil Timnas Indonesia terpaksa ‘menelan pil pahit’ usai jala gawangnya dijebol dua kali oleh Timnas Uzbekistan. Kedudukan 2-0 pun bertahan hingga laga usai.

Dwigol Uzbekistan ke gawang timnas U-23 Indonesia dikemas oleh Husain Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86.

Setelah laga ini, sebuah video yang menyebut Timnas Uzbekistan U-23 didiskualifikasi usai diciduk menyuap wasit viral di media sosial.

Salah satu yang mengunggah video tersebut adalah pemilik akun TikTok @BeritaPenting. Dalam video dituliskan, “terciduk suap wasit, Uzbekistan diskualifikasi. teamnas masuk final‘.

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta atas informasi tersebut. Hasilnya, tidak ada informasi resmi dari Asian Football Confederation (AFC) yang membatalkan kemenangan Uzbekistan atas Indonesia, baik di laman resmi AFC maupun siaran pers.

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan memang diwarnai keputusan kontroversial dari wasit Shen Yinhao seperti pembatalan tendangan bebas, menganulir gol dan pemberian kartu merah terhadap pemain Indonesia.

Meski demikian tidak lantas membuat AFC langsung mendiskualifikasi Timnas Uzbekistan U-23. Dengan demikian, informasi tersebut adalah hoaks.

Timnas U-23 Indonesia bakal menghadapi Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024.

Laga timnas U23 Indonesia vs Irak dalam jadwal perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis, 2 Mei 2024 mendatang.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA