(Hoaks) Raffi Ahmad Ditangkap Polisi

Berdasarkan penelusuran fakta, potongan video tersebut ternyata bersumber dari Akun Youtube Atta Halilintar.

Ruteng, Ekorantt.com Sebuah video Raffi Ahmad ditangkap polisi beredar di media sosial TikTok pada Senin, 1 April 2024.

Dilansir Pantura Post, video pendek itu dinarasikan Raffi Ahmad sedang diringkus oleh polisi karena terlibat pencucian uang Rp217 triliun. Istrinya Raffi Ahmad, Nagita Slavina tampak mengamuk.

Unggahan video oleh akun TikTok @andi.hafidz19 itu pun menuai reaksi dari warganet. Hingga kini, video itu telah ditonton sebanyak 4,2 juta kali.

Video tersebut juga telah dikomentari 7.798 kali, disukai 77,1 ribu kali, disimpan 8.602 akun, dan dibagikan 11,6 ribu kali.

“artis raffi ahmad dirin9ku5 poli51 karna terlibat k45us pencuc14an yang 217 triliun nagita slavina n94muk” tulis akun itu.

iklan

Berdasarkan penelusuran fakta, potongan video tersebut ternyata bersumber dari Akun Youtube Atta Halilintar.

Video sudah diunggah di platform Youtube 4 tahun lalu pada 30 Mei 2019.

Video yang diunggah oleh kanal Youtube Atta Halilintar itu aslinya berdurasi 16 menit 25 detik. Di mana, video tersebut merupakan video prank atau lelucon yang dibuat oleh Youtube Atta Halilintar.

Dalam video memang Atta dan Raffi Ahmad sudah merencanakan lelucon untuk mengerjai Nagita Slavina. Sehingga, tidak ada kaitannya dengan penangkapan kasus pencucian uang Rp217 Triliun.

Dari hasil penelusuran tersebut, maka video yang menarasikan Raffi Ahmad ditangkap karena terlibat kasus pencucian uang adalah hoaks.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

TERKINI
BACA JUGA