(Hoaks) Wasit Laga Indonesia Vs Qatar pada Piala Asia U-23 Meninggal Dunia

Dengan begitu, maka bisa disimpulkan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah video yang memuat informasi Nasrullo Kabirov wasit yang memimpin laga perdana antara Timnas Indonesia Vs Qatar pada Piala Asia U-23 meninggal dunia viral di media sosial Facebook.

Pada flyer video yang viral itu bertuliskan “TURUT BERSUKA CITA ATAS MENINGGALNYA NASRULLO KABIROV Wasit yang memimpin Qatar Vs Indonesia.”

Video pendek yang diunggah pemilik akun Facebook doo_y2y1 itu memantik banyak reaksi warganet. Pantauan Ekora NTT, hingga Rabu, 17 April 2024, video itu sudah disukai 30.472, mendapatkan komentar 2.913, dan 472 kali dibagikan.

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta atas informasi tersebut. Di mesin pencari Google dengan memasukkan kata kunci ‘wasit laga Indonesia Vs Qatar meninggal dunia’, tak ada satu pun artikel di media mainstream yang memberitakan bahwa Nasrullo Kabirov meninggal dunia.

iklan

Begitu pula di YouTube, TikTok dan Instagram, serta media sosial lain juga tak ada informasi bahwa Nasrullo Kabirov meninggal dunia. Dengan begitu, maka bisa disimpulkan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Kuat dugaan bahwa flyer tersebut muncul karena netizen Indonesia kecewa dengan keputusan Nasrullo saat memimpin laga Indonesia Vs Qatar pada Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada Senin, 15 April 2024 lalu.

Selama pertandingan, wasit asal Tajikistan itu dinilai banyak merugikan Timnas Indonesia dengan memberikan tiga kartu kuning dan dua kartu merah.

Keputusannya lebih menguntungkan Qatar dan dianggap tidak adil dalam menanggapi pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman dan insiden pemain Qatar yang sering terjatuh untuk memperlambat durasi pertandingan.

Qatar U-23 mengalahkan Timnas Indonesia U-23 pada matchday pertama Grup A dengan skor 2:0, lewat gol Khaled Ali pada menit 45+1 dan Ahmed Al Rawi pada menit 54.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

TERKINI
BACA JUGA