(Hoaks) Rumah Ketua KPU RI Ambruk

Foto tersebut adalah rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang.

Ruteng, Ekorantt.com – Informasi ambruknya rumah milik Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari beredar di media sosial melalui unggahan salah satu akun Facebook, pada 26 Maret 2024.

Dikutip Liputan6.com, klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy’ari ambruk menampilkan sebuah bangunan yang terlihat miring dan di depannya terdapat mobil berwarna hitam.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan ‘Rumah ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!’.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut ‘Rumah Hasyim Asy’ari KPU tenggelam Ambruk Adzab Allah’ Satu persatu besok rumah Jokowi Luhut Sembilan naga Ali baba Yg terlibat Curang semua Nya Tenggelam Aamiin 🤲🤲’.

iklan

Cek Fakta Liputan6.com kemudian menelusuri klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang ambruk melalui penelusuran Google Image.

Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel media online, salah satunya berjudul ‘Warga Cianjur Masih Trauma, Panik Diguncang Gempa 3,3 Magnitudo’ yang dimuat situs kumparan.com, pada 11 Juni 2023.

Situs kumparan.com memuat foto yang komposisinya identik dengan klaim, yaitu rumah yang miring dan mobil hitam.

Foto tersebut diberi keterangan ‘Warga menyelamatkan barang-barang dari rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022).

Penelusuran itu juga mengarah pada artikel berjudul ‘Langkah Menghadapi Gempa Kala Di Dalam Mobil’ yang dimuat situs medcom.id, pada 19 Desember 2022.

Artikel medcom.id memuat foto yang identik dengan klaim. Foto tersebut diberi keterangan “Gempa dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang, terjadi di barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, telah menyebabkan kerusakan rumah dan bangunan di wilayah Cianjur. AFP PHOTO/Adek Berry/Aditya Aji”.

Berdasarkan penelusuran fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy’ari ambruk adalah hoaks.

Foto tersebut adalah rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

TERKINI
BACA JUGA