(Hoaks) Indonesia Lolos Olimpiade Paris

Timnas Indonesia U-23 masih memiliki peluang untuk melangkah ke Olimpiade Paris 2024, jika salah satu wakil Asia, seperti Jepang, Uzbekistan, atau Irak mundur.

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah video yang menyebut Timnas Indonesia U-23 lolos Olimpiade Paris 2024 viral di TikTok.

Pemilik akun TikTok Lucky_Boy merupakan salah satu pengguna media sosial yang mengunggah video tersebut.

Narator video menjelaskan, Ketua Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet secara resmi mengumumkan Timnas Indonesia U-23 telah berhasil lolos dan akan memasuki Olimpiade Paris 2024.

@riday.tea

Ketua Panitia OLIMPIADE PARIS 2024 Resmikan Indonesi U23 Lolos.. #fyp #kingindo #garudamuda #timnasindonesia #erickthohir #pssi #indonesia #fifa

♬ 10 Minutes of Silence – Kent Nazareth Yoga Man

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia atas prestasi gemilang mereka dalam kualifikasi olimpiade,” ucap Tony sebagaimana dibacakan narator video.

iklan

Ia menilai, prestasi Timnas Indonesia U-23 merupakan pencapaian luar biasa.

“Dan kami semua di Komite Olimpiade Paris sangat antusias untuk menyambut mereka di Paris,” ujar Tony.

Menurut dia, keberhasilan ini menandai momen bersejarah bagi olahraga Indonesia. “Dengan tim muda ini membawa harapan dan kebanggaan bagi negara mereka,” imbuh Tony.

Dalam caption video yang diunggahnya, pemilik akun TikTok Lucky_Boy menulis “Ketua Panitia OLIMPIADE PARIS 2024 resmikan Indonesia lolos“.

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta atas video pendek yang beredar luas tersebut.

Di mesin pencarian google dengan memasukkan keyword ‘Timnas Indonesia U-23 lolos olimpiade Paris’, tak ada satu pun media online dan sumber terpercaya lainnya yang memberitakan bahwa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sebaliknya, Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah takluk 0-1 dari Guinea pada laga play-off Olimpiade Paris di INF Clairefontaine, Paris pada Kamis, 9 Mei 2024 lalu.

Dilansir Pikiran Rakyat Jateng, Arya Sinulingga, salah satu anggota komite eksekutif PSSI mengatakan, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki peluang untuk melangkah ke Olimpiade Paris 2024, jika salah satu wakil Asia, seperti Jepang, Uzbekistan, atau Irak mundur.

Sejauh ini ketiga negara tersebut belum ada kabar bahwa ada yang mundur dari Olimpiade Paris 2024.

Dengan demikian informasi bahwa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 adalah hoaks.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA