Danlanal Maumere Canangkan Program ‘Green and Clean’

Maumere, Ekorantt.com –  Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Maumere, Kolonel (Marinir) Sumantri mencanangkan program “Green and Clean” yang dimulai dari lingkup Lanal Maumere, Jumat (1/2) pagi.

Kegiatan pencanangan program ini ditandai dengan penanaman perdana bibit tanaman produktif berupa bibit jagung dan bibit paria oleh keluarga besar TNI AL, Jalasenastri Cabang 3 Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II.

Pantauan Ekora NTT, Jumat (1/2) di Mako Lanal Maumere, sebelum melakukan acara penanaman perdana, keluarga besar Lanal Maumere melakukan acara senam bersama di depan Kantor Lanal Maumere.

Setelah itu, rombongan menuju ke tempat penanaman di sekitar mess prajurit angkatan laut tepatnya di depan Mess Inerie dan Mess Ile Ape. Di sana ada dua lahan yang disiapkan. Satu lahan untuk tanaman jagung dan satunya untuk paria.

Dengan menggunakan topi petani berwarna biru, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab VII  DJA II,  Dwi  Astuti, tampak bersemangat menancapkan kayu ke tanah guna membuat lubang untuk ditanami bibit jagung dan bibit paria yang sudah disiapkan.

iklan

Ia ditemani Kolonel Sumantri dan para istri anggota Lanal lainnya memasukan satu demi satu benih jagung dan paria itu.

Danlanal Sumantri di sela-sela acara penanaman mengungkapkan, pencanangan program ‘Green and Clean’ ini sebagai bentuk dukungan TNI Angkatan Laut atas program pembangunan yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka terutama di bidang pertanian.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan penanaman bibit tanaman produktif merupakan tindak lanjut dari amanat ketua umum Jalasenastri pusat di Jakarta.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk menyadarkan keluarga besar Lanal Maumere terlebih masyarakat Kabupaten Sikka dalam memanfaatkan lahan yang selama ini dibiarkan “tidur”.

Kolonel Sumantri mengatakan, biasanya ketika memasuki musim tanam masyarakat hanya fokus pada lahan yang biasa digarap saja sedangkan lahan lainnya seperti halaman rumah atau perkantoran dibiarkan.

“Kita harapkan masyarakat bisa menggunakan lahan yang ada secara maksimal agar produksi pertanian juga meningkat. Dengan demikian, masyarakat akan makin sejahtera,” tandas Danlanal Sumantri.

“Kalau saya lihat di sini masih banyak lahan yang dibiarkan tidur. Makanya dengan program ini, kita dorong masyarakat supaya aktif menghijaukan wilayah kita dan mengupayakan kebersihan lingkungan,” pungkas Danlanal Sumantri.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA