HUT Koperasi Nasional ke-72 Berlangsung di Purwekerto

Jakarta, Ekorantt.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) koperasi ke-72 tahun ini berlangsung di Purwekerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (12/7/2019).

Pemilihan Purwekerto sebagai tempat perhelatan HUT koperasi ke-72, menurut Ketua Panitia Lokal, Muhammad Arsad Dalimunte, tak lepas dari sejarah koperasi Indonesia yang bermula dari Kota Purwekerto.

“Karena pertimbangan sejarah, bahwa koperasi pertama lahir di Purwokerto. Kedua, ekosistem perkoperasian di Purwokerto dan Banyumas, dinilai cukup menarik. Ketiga, anak- anak muda sangat aktif dan produktif mengeluarkan pemikiraannya yang sangat keren sejalan dengan perkembangan koperasi,” kata Arsad sebagaimana yang dilansir rri.co.id.

Rangkaian kegiatan HUT koperasi ke-72, sudah dimulai sejak tanggal 10 Juli 2019 dengan berlangsungnya kegiatan Jambore Koperasi di Bumi Perkemahan Baturaden.

Hari kedua, Kamis (11/7/2019) ditandai dengan kegiatan seminar nasional bertajuk “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”.

iklan

Dalam kegiatan seminar ini, para pelaku koperasi didorong untuk bersaing pada era digital sekarang ini. Itu artinya koperasi mau tidak mau harus go digital.

Dorongan go digital lahir dari perkembangan teknologi yang menuntut koperasi harus mampu beradaptasi. Hanya koperasi yang bisa menyesuaikan diri yang mampu bertahan.

Jika tidak, koperasi tak akan bertahan lama, mengingat pergerakan lembaga keuangan lainnya begitu masif hingga menyasar pangsa pasar koperasi.

Penguasaan teknologi dan infomasi tentu saja akan menguatkan posisi tawar koperasi Indonesia dalam persaingannya dengan lembaga keuangan lainnya.

Puncak HUT koperasi ke-72 akan berlansung esok yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA