Imbang 1 – 1 Versus Putra Sinar Giri, PSN Ngada Melaju ke Putaran 16 Besar Liga 3 Nasional

Gresik, Ekorantt.com – Persekutuan Sepakbola Ngada (PSN) dipastikan melaju ke Putaran 16 Besar Liga 3 Nasional usai bermain imbang 1 – 1 melawan Putra Sinar Giri (PSG) dalam laga lanjutan Grup F di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Senin (16/12/2019) petang. Dengan jumlah poin dan gol [memasukkan – kemasukan] yang persis sama, PSN Ngada dan PSG akan melakukan undian pada keesokan hari untuk menentukan juara grup F.

Seperti disaksikan Ekorantt.com melalui live streaming di channel Youtube “Ngada Mania TV”, kedua tim bermain dengan intensitas serangan yang tinggi.

Di bawah bayang-bayang guyuran hujan yang lebat, Tuan Rumah Putra Sinar Giri langsung menggebrak di menit-menit awal pertandingan. Pada menit 1’ dan 2’ terjadi kemelut di depan gawang PSN Ngada, tetapi bola berhasil diamankan oleh Afri Moi, Kiper PSN Ngada.

Pada menit 12’, Yoris Nono mencoba melepaskan tandangan salto, tetapi masih melebar ke arah kanan gawang.

PSN Ngada baru bisa mencuri gol pada menit ‘16 melalui tandukan kepala Yoris Nono. Menerima umpan pendek dari Ivan Gula, Kiken Wea memberi umpan lambung ke mulut gawang dan disambut dengan tandukan melompat Yoris Nono. Jala PSG terkoyak, PSN Ngada unggul 1 – 0.

iklan

Tertinggal 0 – 1, PSG meningkatkan tempo serangan. Tandukan striker Putra Sinar Giri menyambut umpan tendangan bebas dari lini tengah pada menit 22’ masihi melebar dari gawang PSN Ngada.

Serangan demi serangan terus dibangun tim tuan rumah. Pada menit 34’, Ibo Nono melakukan pelanggaran di luar kotak pinalti dan berbuah kartu kuning. Putra Sinar Giri memanfaatkan peluang tendangan bebas pada momen ini untuk menyamakan kedudukan. Bola rebound Afri Moi berhasil dikonversi menjadi gol oleh pemain depan PSG pada menit 35’. Kini, kedudukan 1 – 1.

PSN Ngada bereaksi cepat atas gol balasan PSG. Tendangan Okta Pone memanfaatkan umpan lambung gelandang pada menit 36’ gagal mengoyak jala lawan. Sundulan Yoris Nono pada menit 39’ juga masih jauh dari sasaran. Babak pertama berakhir dengan skor 1 – 1.

Memasuki babak kedua, PSN Ngada dan PSG sama-sama mengambil inisiatif serangan. Pada menit 56’, peluang emas PSG tercipta. Akan tetapi, berhadapan satu lawan satu dengan kiper PSN Afri Moi, pemain PSG gagal menceploskan bola ke gawang karena berhasil ditepis Afri. Pada menit 58’, giliran peluang emas bagi PSN Ngada. Namun, tandukan Okta Pone masih bisa ditepis kiper PSG. Pada menit 61’, striker bernomor punggung 10 ini harus ditandu ke luar lapangan karena cedera. Roy Seso masuk menggantikannya.

Paruh kedua babak kedua, kedua tim terus melakukan jual beli serangan. Akan tetapi, sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedua tim tidak mampu menambah pundi-pundi gol. Skor 1 – 1 bertahan hingga laga usai.

Para pemain dan official PSN Ngada merayakan kemenangan di ruang ganti usai laga melawan Putra Sinar Giri di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Senin (16/12/2019). FERDYBURAH/EKORANTT

Manager PSN Ngada Ferdy Burah usai laga kepada Ekorantt.com, Senin (16/12/19) mengungkapkan, dengan skor 1 – 1, PSN Ngada dipastikan lolos ke putaran 16 besar Liga 3 Nasional. Menurut dia, secara umum, para pemain bermain sesuai dengan instruksi dan keinginan tim pelatih. Walau permainan agak tersendat dan kurang terkontrol akibat guyuran hujan yang lebat sepanjang babak pertama, secara umum, timnya menguasai pertandingan.

Menurut Ferdy, juara grup F belum bisa ditentukan karena PSN Ngada dan PSG mengantongi jumlah poin dan gol yang persis sama. Menurut keterangan Match Commissioner, status juara grup akan ditentukan melalui undian yang akan digelar keesokan hari.

“Kita berharap, kita bisa tembuk 8 besar. Tahun lalu, tembus 16 besar. Kalau Tuhan mau, kita masuk Liga 2. Kami harapkan dukungan dari masyarakat Ngada, masyarakat NTT, Pemda Ngada, dan Pemrov NTT.

Ini adalah kali kedua PSN Ngada tembus ke putaran 16 besar Liga 3 Nasional. Tahun lalu, PSN Ngada berhasil tembus ke putaran 16 besar sebelum akhirnya dikalahkan Celebes FC 0 – 1. Semoga, tahun ini, PSN Ngada melangkah lebih jauh dengan tembus ke babak 8 besar dan jika semesta merestui tembus ke Liga 2 Nasional.

Meju, PSN Ngada!

Statistik Pertandingan PSN Ngada Vs Putra Sinar Giri

No. PSN Ngada Putra Sinar Giri
Gol 1 1
Shoots on Goal 5 4
Pelanggaran 25 17
Tendangan Bebas 17 25
Sepak Pojok 2 4
Kartu Kuning 2 2
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA