Merdeka Berbudaya dan Komitmen Indonesia

Oleh: Dr. Yonas Klemens Gregorius Dori Gobang*

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai. Namun, sebagai negara dengan beragam etnis dan adat istiadat, kekayaan budaya tersebut seringkali terabaikan dan terancam punah. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia hendaknya berkomitmen untuk memajukan kebudayaan Indonesia.

Sebagai negara dengan keragaman kultural yang luar biasa, Indonesia telah memiliki dasar hukum yang mengatur tentang pemajuan kebudayaan dalam UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Berdasarkan basis legal tersebut, Presiden Joko Widodo melalui program kolaborasi Kementerian Keuangan dan Kemendikbud Riestekdikti berkomitmen serius dalam upaya memajukan kebudayaan Indonesia dengan meluncurkan program dana abadi kebudayaan.

Dalam konteks inisiatif “Merdeka Berbudaya”, bagaimana interpretasi dan respon masyarakat, pelaku budaya, dan institusi pendidikan terhadap komitmen tersebut? Lalu, apa dampak signifikan dari komitmen tersebut terhadap masa depan pemajuan kebudayaan Indonesia? Ulasan berikut merupakan sebuah telaah reflektif bagi peran-perean sentral yang penting untuk direspon oleh bangsa ini ke depan.

Komitmen ini juga merespon hasil Kongres Kebudayaan  2018. Program ini diharapkan dapat menjadi upaya kolaboratif antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristekdikti dalam mendukung pemajuan kebudayaan sebagai kekayaan warisan identitas bangsa Indonesia.

iklan

Komitmen Kebijakan Kolaboratif

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, mulai dari seni tradisional, musik, tari, bahasa, hingga arsitektur. Namun, selama beberapa dekade terakhir, upaya untuk memajukan kebudayaan di Indonesia seringkali terabaikan atau bahkan diabaikan.

Oleh karena itu, program Dana Abadi Kebudayaan yang diluncurkan oleh Kementerian Keuangan dan Kemendikbudristek pada tahun 2018 ini merupakan sebuah komitmen kebijakan kolaboratif yang sangat penting guna memajukan kebudayaan Indonesia.

Program Dana Abadi Kebudayaan RI merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memberikan dukungan finansial jangka panjang bagi kebudayaan Indonesia. Program ini juga sejalan dengan visi “Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya” yang menjadi salah satu fokus kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Respon Masyarakat

Untuk memahami komitmen pemerintah melalui program Dana Abadi Kebudayaan RI, masyarakat perlu menginterpretasi makna dari inisiatif ini. Komitmen ini bukan hanya sekadar memberikan dukungan finansial jangka panjang, tetapi juga sebuah komitmen untuk menghargai dan memajukan kebudayaan Indonesia sebagai bagian penting dari identitas bangsa Indonesia.

Dalam hal ini, masyarakat, pelaku budaya, dan institusi pendidikan memegang peran penting dalam merespon komitmen pemerintah. Masyarakat perlu menjadi agen perubahan dalam menjaga dan mengembangkan kebudayaan Indonesia, dengan mengapresiasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Pelaku budaya perlu terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan mampu memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke tingkat internasional. Institusi pendidikan perlu memasukkan kebudayaan Indonesia dalam kurikulum dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kebudayaan.

Dampak dan Tantangan

Dampak signifikan dari program Dana Abadi Kebudayaan RI adalah meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memajukan kebudayaan sebagai bagian dari identitas bangsa. Selain itu, program ini juga dapat memperkuat nilai-nilai budaya sebagai aset penting bagi kemajuan Indonesia sebagai nation state di masa depan.

Namun demikian, masih ada tantangan yang perlu diatasi dalam upaya memajukan kebudayaan Indonesia. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan sebagai warisan kearifan lokal. Hal ini dapat diatasi dengan upaya memperkenalkan kebudayaan lokal ke tingkat nasional dan internasional, sehingga dapat memperkuat identitas bangsa Indonesia.

Ada beberapa aksi nyata yang dapat dilakukan oleh masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan Indonesia untuk mendukung komitmen pemerintah dalam memajukan kebudayaan Indonesia melalui program Dana Abadi Kebudayaan. Beberapa aksi tersebut antara lain:

Memperkuat Identitas Budaya Lokal

Masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan dapat memperkuat identitas budaya lokal dengan mempromosikan dan mendukung kegiatan budaya yang mewakili budaya lokal. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengadakan festival budaya, pameran seni rupa, dan kegiatan lainnya yang memperkenalkan kebudayaan lokal kepada masyarakat Indonesia.

Menjaga Warisan Budaya

Masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan juga dapat menjaga warisan budaya dengan melestarikan budaya tradisional yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mendukung kesenian tradisional, mengadakan pelatihan seni rupa dan tari, serta membangun pusat-pusat budaya yang dapat memfasilitasi kegiatan kebudayaan di daerah.

Menjalin Kemitraan dengan Pemerintah

Masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan dapat menjalin kemitraan dengan pemerintah dalam mendukung program Dana Abadi Kebudayaan. Kemitraan ini dapat berupa dukungan dalam bentuk sumber daya manusia, fasilitas, dan lain-lain yang dapat memperkuat program tersebut.

Memperkuat Pendidikan Budaya

Institusi pendidikan dapat memperkuat pendidikan budaya dengan memasukkan materi kebudayaan ke dalam kurikulum pendidikan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan belajar yang melibatkan kebudayaan dan seni rupa, seperti mengunjungi museum, galeri seni, dan lain-lain. Merdeka belajar di sini menjadi bagian integral dari merdeka berbudaya. Institutusi pendidikan hendaknya menjadi motor penggerak pemajuan kebudaya, termasuk melalui gerakan literasi berbasis budaya kearifan lokal yang sudah mulai diperkenalkan di setiap satuan pendidika baik pada level dasar dan menengah maupun Perguruan Tinggi.

Dalam hal ini, institusi pendidikan harus membekali lulusannya dengan pengetahuan dan keterampilan serta wawasan yang memadai tentang keragaman budaya Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan pembelajaran pengenalan kebudayaan Indonesia ke dalam kurikulum pendidikan di semua tingkatan.

Menggunakan Media Sosial

Masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan juga dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan kegiatan budaya. Program Dana Abadi Kebudayaan membuka ruang bagi inisiatif masyarakat untuk menyelenggarakan berbagai even budaya dalam mempromosikan kekhasan dan pluralitas produk budaya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan cara ini, mereka dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan memperkuat dukungan masyarakat dalam memajukan kebudayaan Indonesia.

Dengan melakukan aksi-aksi nyata di atas, masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan Indonesia dapat berkontribusi secara aktif memajukan kebudayaan Indonesia secara keseluruhan.

Dalam konteks inisiatif “Merdeka Berbudaya”, masyarakat Indonesia diharapkan dapat memahami bahwa kebudayaan merupakan aset penting bagi bangsa Indonesia. Masyarakat harus terus menghargai, melestarikan, dan memajukan kebudayaan Indonesia sebagai bentuk komitmen dan kecintaan terhadap tanah air. Pelaku kebudayaan juga harus terus mengembangkan karya-karya seni dan budaya yang berkualitas untuk memperkaya kebudayaan Indonesia.

Institusi pendidikan juga memainkan peran penting dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia.

Dampak signifikan dari program dana abadi kebudayaan terhadap kemajuan Indonesia sebagai sebuah negara dapat dirasakan dalam jangka panjang. Program ini dapat membantu melestarikan kebudayaan Indonesia yang merupakan warisan budaya bangsa yang kaya dan beragam. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan kualitas karya seni dan budaya yang dihasilkan oleh pelaku kebudayaan di Indonesia, sehingga dapat bersaing dengan karya seni dan budaya dari negara-negara lain di dunia.

Di masa depan, program dana abadi kebudayaan juga dapat memperkuat identitas nasional Indonesia dan meningkatkan daya tarik pariwisata ke Indonesia. Dengan melestarikan dan memajukan kebudayaan Indonesia, Indonesia dapat menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara yang ingin mengenal kebudayaan dan warisan budaya bangsa Indonesia.

Demikianlah, program dana abadi kebudayaan merupakan langkah konkret dari pemerintah Indonesia dalam komitmennya memajukan kebudayaan. Namun, keberhasilan program ini bergantung pada partisipasi dan dukungan masyarakat, pelaku kebudayaan, dan institusi pendidikan di Indonesia.

*Penulis adalah Peneliti dan Akademisi Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere

 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA