Foto: Mausky.com

Larantuka, Ekorantt.com – Pemerintah Jepang telah memberikan bantuan 3 unit mobil ambulance dan 11 motor melalui Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) dalam The Project for Providing Emergency Transportation Vehicles in Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Hari ini, saya datang dari Jakarta untuk menghadiri acara peresmian dan melihat langsung hasil dari proyek tersebut,” demikian dikatakan oleh Sekretaris II Duta Besar Jepang Yoshida usai menyerahkan bantuan sarana kesehatan kepada  Direktur YKS Mansetus Balawa.

Penyerahan bantuan itu ditandai dengan penandatangan berita acara dan penyerahan kendaraan roda dua dan empat disaksikan oleh Bupati Flores Timur Anton Hadjon di aula Biara Bruder La Menais Kelurahan Weri, Rabu, 30 Oktober 2019.

Yoshida mengatakan, sampai saat ini, di Kabupaten Flores Timur, masih terdapat daerah dengan kondisi jalan yang cukup sulit dijangkau serta kurangnya unit mobil ambulance, sehingga terjadi kesulitan pada pihak medis untuk menjangkau pasien dalam keadaan darurat.

Untuk menangani permasalahan tersebut, melalui proyek kali ini, Pemerintah Jepang melalui Yayasan Kesehatan untuk Semua telah memberikan dana hibah sebesar Rp1.092.499.000,00 untuk pengandaan 3 unit mobil ambulance dan 11 unit motor ambulance.

Selain dapat mengirim mobil ambulance untuk keadaan darurat, pihak medis juga dapat menggunakan motor ambulance untuk membantu masyarakat di daerah yang sulit dijangkau alat transportasi lain, sehingga dapat lebih cepat membantu masyarakat.

“Saya turut senang proyek ini dapat dilaksanakan demi keamanan dan keselamatan masyarakat khususnya di Kabupaten Flores Timur,” kata Yoshida

Kepada para pengurus Yayasan Kesehatan untuk Semua, pihaknya berharap, fasilitas motor dan mobil ambulance ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga dapat berdampak baik pada lingkungan masyarakat di Kabupaten Flores Timur.

Ia juga berharap, instansi terkait yang ada di Kabupaten Flores Timur dapat turut bekerja sama dengan Yayasan untuk terus meningkatkan akses kesehatan untuk masyarakat.

Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST, menyambut baik bantuan  Pemerintah Jepang berupa sarana kesehatan untuk kelancaran pelayanan bagi para medis di Puskesmas.

Bantuan dalam bentuk hibah itu berupa 3 unit mobil ambulance dan 11 unit motor ambulance.

Bantuan senilai Rp1.092.499.000.00 diberikan kepada Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) Kabupaten Flores Timur.

Kendaraan tersebut diserahkan oleh Sekretaris II Duta Besar Jepang Yoshida dan diterima langsung oleh direktur YKS Mansetus Balawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here