Ruteng, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai telah menyiapkan alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Manggarai, Kamelus Deno melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa kepada wartawan, Selasa (25/3/2020)

Dikatakannya, anggaran tersebut bersumber dari APBD yang sengaja disiapkan untuk penanganan hal-hal yang tidak terduga seperti pandemi Covid-19.

“Biasanya anggaran ini kita gunakan untuk penanganan bencana alam. Tetapi tahun kita alihkan anggaran itu untuk tanggap darurat bencana non alam, yakni Covid-19,” jelasnya.

Ludovikus menuturkan, tim anggaran pemerintah daerah sedang mendiskusikan soal pergeseran anggaran untuk membantu kesiapan RSUD dr. Ben Mboi, termasuk pemesanan APD, disinfektan, serta kebutuhan lainnya.

Namun, ia mengakui kesulitan mendapatkan alat-alat penunjang yang mendukung upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kita punya uang. Kita bisa melakukan pergeseran anggaran sesuai dengan petunjuk Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan, tetapi dalam kondisi ini kita masih sulit mendapatkan itu. Oleh karena itu kami akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Propinsi dan Pusat dalam hal pengadaan alat itu,” tutupnya.

Adeputra Moses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here