Dukung Program Kampung Tangguh Pangan, DKP Ende Siapkan Sumber Daya Para Penyuluh

Ende, Ekorantt.com – Kepolisian Republik Indonesia menggagas Kampung Tangguh Pangan di tengah upaya merealisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digencar oleh pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

Selain Kampung Tangguh penanganan Covid-19 yang melibatkan empat tungkuh stakeholder di desa, program tangguh pangan diarahkan untuk memperkuat basis pangan bagi masyarakat di setiap desa pada masa pandemi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Ende, Matilda Gaudensia Ilmoe menjelaskan, sebagai dinas teknis yang mengurus pangan masyarakat pihaknya mendukung penuh upaya penguatan pangan warga di tengah pandemi yang melanda masyarakat Kabupaten Ende.

“Kita dukung program itu. Tentu untuk pendanaan memang telah dibahas melalui renja SKPD dan belum memasukan program tersebut. Namun untuk sumber daya manusia berupa sosialisasi kita akan siapkan para penyuluh pertanian yang ada di desa-desa. Nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Pertanian,”kata Matilda kepada media di Ende pada Jumat, (25/02/2021).

Dikatakanya, sejak pandemi melanda Kabupaten Ende, pihaknya terus mendorong upaya penyiapan pangan melalui beberapa program kegiatan diantaranya melalui lumbung pangan. Saat ini, sebut dia, tersedia 27 lumbung pangan yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Ende.

iklan

Lumbung pangan tersebut, lanjut Kadis Matilda, merupakan upaya penyediaan pangan bagi warga dengan mekanisme usaha kelompok. “Lumbung pangan sudah ada di 27 desa dan pengelolahaan kita serahkan sepenuhnya oleh kelompok,”terang Matilda.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA