Sudah 26 Tahun Mujahid Usaha Kain Gorden di Maumere

Maumere, Ekorantt.com – Undang Mujahid (52) dan Titin Mulyani (50) adalah pasangan suami istri asal Garut, Jawa Barat yang sudah 26 tahun menetap di Maumere, Kabupaten Sikka. Mereka hidup di Maumere hanya dari hasil usaha kain gorden.

“Saya pernah kembali ke Garut untuk usaha bertani tapi tidak bertahan lama karena rugi. Akhirnya Maumere memanggil saya pulang untuk melanjutkan usaha ini,” kata Mujahid, mengenang.

Kepada Ekorantt.com pada Kamis (20/01/2022), ia mengisahkan perjalanan hidup hingga berakhir di Maumere. Jauh sebelumnya, selepas tamat SMP Tanawiyah di Garut Mujahid melanglang buana dari Sabang sampai Merauke untuk menjalankan bisnis lampu hias dan tas lipat.

“Itu pun tidak lama. Palingan enam bulan kembali ke Garut. Tapi usaha gorden di Maumere-Flores ini yang membuat saya betah hingga mencapai 26 tahun ini,” ujar Mujahid.

“Saya lahir di Bandung tapi sawah ladang kerja ada di Maumere,” tambah dia.

iklan

Kini, aneka kain gorden mereka dipajang di Lantai 2 Pasar Tingkat Maumere. Keduanya pun menerima jahitan kain gorden sesuai permintaan pembeli.

Bagi pasutri usia paruh baya itu, usaha kain gorden sudah mendarah daging. Pasalnya, usaha itu mereka geluti sudah sejak tahun 1996.

Sejak berada di Maumere, Mujahid merintis usaha gorden mengandalkan sepeda ontel selama tiga tahun. Saat itu, jangkauan jualannya hanya mencapai wilayah Geliting.

Seiring dengan perjalanan waktu dari hasil jualannya ia gunakan untuk kredit motor. Dengan motor kala itu ia masuk keluar kampung menjual kain gorden.

Selama berusaha itu di Maumere, Mujahid memberi kesan terhadap karakteristik daerah yang penuh dengan kehidupan bertoleransi.

“Saya merasa berarti tinggal di Maumere. Selain pemerintah setempat menyiapkan iklim usaha sangat kondusif dan merasa nyaman berkompetisi secara damai dengan pengusaha lainnya,” tutur dia.

Selama pandemi Covid-19, kata Mujahid, usaha ini pernah sepi dan saat ini mulai bangkit. Dari hasil usaha kain gorden ia membeli tanah di kampung halamannya serta sebuah mini bus dan pick up.

“Ada kerja pasti ada hasil,” ucap Mujahid.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA