Cegah Abrasi, Gudep SMPN Pruda Tanam Bibit Pohon di Pantai Mude Herung

Maumere, Ekorantt.com – Gugus Depan 05.021/05.022 Pangkalan SMP Negeri Pruda, Kecamatan Waiblama, mengadakan bakti sosial dan peduli lingkungan untuk mencegah abrasi.

Adapun kegiatan tersebut adalah menanam 300 bibit pohon di kawasan pesisir Pantai Mude Herung, Dusun Pauklor, Desa Pruda, Kecamatan Waiblama, Sabtu (13/8/2022).

Kegiatan dimaksud sebagaimana disampaikan Audatus Helmus Buka, Pembina Pramuka Penggalang Putra SMPN Pruda adalah untuk memaknai Hari Pramuka ke-61.

“Baksos dan Peduli Lingkungan berupa penanaman bibit bambu, trembesi dan waru di pesisir pantai dilaksanakan sebagai wujud tanggung jawab sosial lingkungan para pelajar. Sekaligus upaya pencegahan abrasi,” kata Datus.

Cegah abrasi dengan tanam ratusan bibit pohon di Kecamatan Waiblama/Ekora NTT

Turut hadir dalam kegiatan baksos dan peduli lingkungan B. Herry Siswadi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah Kabupaten Sikka.

iklan

Herry pada kesempatan itu menegaskan gerakan Pramuka sangat penting untuk mendidik kaum muda.

“Saya minta sekolah perlu meningkatkan gerakan Pramuka di sekolah masing-masing dan kaum muda harus lebih peduli terhadap lingkungan,” tandas Herry.

Ia berjanji ke depan adanya kerja sama dengan pihak sekolah untuk mengadakan pendidikan peduli lingkungan.

Sementara Kepala SMPN Pruda Marsianus Bura memberikan apresiasi kepada Kepala UPT KPH wilayah Kabupaten Sikka yang sudah menyumbangkan bibit tanaman pelindung daerah abrasi dan juga turut serta dalam kegiatan penanaman.

Marsi juga berterima kasih kepada kepala desa, BPD Desa Pruda, masyarakat Pauklor RT 19, Pramuka Siaga SDK Pruda, SDI Riidueng, SDN Pauklor yang terlibat aktif dalam kegiatan Baksos dan Peduli Lingkungan ini.

Untuk diketahui rangkaian kegiatan hingga puncaknya Minggu 14 Agustus 2022 diawali dengan Apel HUT Pramuka ke-61, dilanjutkan dengan pawai obor dan diakhiri dengan api unggun.

TERKINI
BACA JUGA