Dermaga Penumpang Pelabuhan Maumere Ditargetkan Rampung Tahun ini

Maumere, Ekorantt.com – Pembangunan dermaga penumpang pelabuhan Maumere di Kabupaten Sikka telah dimulai sejak tahun 2018. Proyek dengan anggaran multi years ini rencananya akan rampung tahun ini.

“Pada 2019 ditargetkan pembangunan dermaga sepanjang 150 meter sudah selesai,” ujar Corporate Secretary Pelindo III, Faruq Hidayat dalam keterangan persnya medio Oktober 2018 lalu.

Hal yang sama diakui juga oleh General Manajer PT Pelindo Cabang Maumere, Yuvensius Andre Kartiko kepada Ekora NTT, Selasa (29/1/2019).

Menurutnya, kalau tidak ada halangan proyek ini tuntas tahun ini dan dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Kita targetkan tahun ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala. Karena kita di Maumere selalu punya kendala dengan bahan-bahan bangunan. Apalagi memasuki musim hujan sekarang ini,” jelas Andre.

iklan

Jika dermaga ini jadi, lanjut Andre, maka gedung terminal penumpang Pelabuhan L-Say Maumere yang diresmikan awal tahun 2018 lalu akan digunakan bersamaan.

“Terminal penumpang belum bisa digunakan karena dermaganya belum selesai dikerjakan,” tutur Andre.

Menurutnya, secara bisnis, keuntungan yang didapatkan dari kehadiran pelabuhan penumpang sangat kecil bila dibandingkan dengan keuntungan yang diraup dari pelabuhan peti kemas.

“Tapi sebagai bagian dari komitmen kita kepada kepentingan masyarakat, kita harus bangun,” demikian tutur Andre.

Ia juga menjelaskan bahwa berbagai proyek yang sementara dikerjakan di pelabuhan Maumere merupakan bagian dari upaya dari Pelindo III untuk mengembangkan pelabuhan Maumere.

Selain pembangunan dermaga penumpang, Pelindo III juga merencanakan sejumlah investasi pada tahun 2019.

Diantaranya perbaikan dermaga pelabuhan Maumere, pembangunan area parkir terminal penumpang Maumere, perbaikan lapangan penumpukan dan pembangunan jalan ke terminal baru.

TERKINI
BACA JUGA