Hari Mendengarkan, Stef Sumandi Sebut Itu Bukan Hal Baru

Maumere, Ekorantt.com – Anggota DPRD Sikka fraksi PDI Perjuangan, Stef Sumandi berpendapat, dari perspektif praktik demokrasi, Program Hari Mendengarkan bukanlah hal baru bagi Kabupaten Sikka.

Sebab, aspirasi rakyat bisa disampaikan melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), media massa, media sosial, demonstrasi, Rapat Dengar Pendapat, dan berbagai mekanisme baku lainnya.

“Hemat saya, hal yang baru pada saat ini hanya ruang dan waktu yang diberikan kepada rakyat dengan mimbar bebas, tetapi substansinya tetap sama,” kata Stef

“Hal baru yang berikut adalah pemerintah ingin memotong mata rantai prosedural birokrasi dengan mendengarkan langsung aspirasi rakyat melalui mimbar bebas,” imbuhnya.

Stef mengaku, ia belum tahu tata cara dan mekanisme pelaksanaan Program Hari Mendengarkan.

iklan

Akan tetapi, ia menyarankan, pemerintah perlu atur mekanisme dengan hati-hati agar mencegah upaya saling menghakimi antara warga dan pemerintah.

“Bila itu terjadi, maka mungkin saja terjadi konflik. Sebab, belum tentu semua unsur pemerintah daerah memiliki kesamaan persepsi dan mau menerima kritikan,” katanya.

Stef mengharapkan, Program Hari Mendengarkan bisa meningkatkan kualitas demokrasi, terutama kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sikka.

Menurutnya, paradigma yang mesti dibangun saat ini bukanlah pendekatan pelayanan, melainkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Sebab, kita telah berada pada satu dunia yang sangat mudah akses komunikasi antara pemerintah dan masyarakat,” papar Stef.

“Kemudahan itu terkait tersedianya ruang terbuka untuk komunikasi antara pemerintah dan masyarakat melalui berbagai mekanisme yang saya sajikan terdahulu,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sikka dari Partai Demokrat, Henny Doing tidak banyak berkomentar perihal Program Hari Mendengarkan Bupati Sikka.

Menurutnya, jika program tersebut dicanangkan untuk kemajuan Sikka, maka boleh dijalankan.

“Kalau itu untuk kemajuan Sikka ke depan ya tidak apa-apa,” katanya.

Saat ditanya Ekora NTT, apa catatan kritis anda sebagai Anggota DPRD Sikka? Henny menjawab, “untuk sementara no comment. Kita lihat dulu bagaimana nantinya.”

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA