Bonefasius Albertus Nahas, Asisten Administrasi Kepemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ketika membaca sambutan Bupati Manggarai Timur pada kegiatan Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Manggarai Timur, Rabu (7/8/2019.).

Borong, Ekorantt.com – Bonefasius Albertus Nahas, Asisten Administrasi Kepemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ketika membaca sambutan Bupati Manggarai Timur pada kegiatan Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Manggarai Timur menegaskan bahwa kasus stunting adalah masalah krusial yang harus diperhatikan dalam perencanaan pembangunan Desa.

Nahas menjelaskan bahwa dalam Program Inovasi Desa (PID), penekanan isu Pelayanan Sosial Dasar (PSD) dalam konteks kualitas SDM, bertujuan untuk merangsang kepekaan Desa terhadap permasalahan krusial terkait pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan Desa. Salah satu masalah yang harus mendapat perhatian penuh adalah masalah stunting.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita atau bayi yang berusia di bawah lima tahun, sebagai akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Masalah stunting tidak boleh dianggap remeh oleh semua pihak, dikarenakan masalah ini dapat berakibat pada kualitas dari anak-anak penerus bangsa”, ungkapnya

Dijelaskannya, pencegahan terhadap stunting tertuang dengan jelas dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Pasal 6 ayat 1 dan 2.

Nahas mengungkapkan, dalam peraturan tersebut dijelaskan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam proses pencegahan stunting. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi penyediaan air bersih dan sanitasi, pemberian makanan tambahan yang bergizi untuk balita, pengembangan ketahanan pangan dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan pencegahan stunting hendaknya mendapat perhatian yang serius dari pihak pemerintah Desa.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Manggarai Timur dilaksanakan untuk Desa di dua kecamatan yaitu Kecamatan Poco Ranaka dan Kecamatan Poco Ranaka Timur. Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini diadakan di Aula Paroki St. Aloisius Mano, kelurahan Mandosawu, Kecamatan Poco Ranaka pada Rabu (7/8/19). 

Mulia Donan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here