Tahun 2018, Taman Nasional Kelimutu Raup Pendapatan Rp3,5 Miliar

Ende, Ekorantt.com – Taman Nasional Kelimutu di Ende- Flores- NTT menjadi salah destinasi wisata yang mendunia. Ribuan pengunjung baik lokal maupun mancanegara menjadikan panorama danau tiga berwarna ini menjadi tujuan wisata. 

Pada  tahun 2018, pendapatan Taman Nasional Kelimutu mencapai 3,5 miliar rupiah.  Namun pihak TNK menilai, pendapatan ini masih minim dan perlu dioptimalkan dengan membangun alternatif baru di luar daya tarik Danau Kelimutu. 

Hal ini disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agussetia Sitepu kepada wartawan saat pelaksanaan upacara Festival Kelimutu di puncak Danau Kelimutu Minggu lalu.

Menurut Sitepu, pendapatan negara dari Taman Nasional Kelimutu masih terpusat dari daya tarik danau kelimutu. Kini pihaknya membangun alternatif penunjang dan penyangga wisata baru baik alam maupun budaya yang terintegrasi dengan danau kelimutu. Semua upaya itu untuk meningkatkan pendapatan negara termasuk ekonomi warga sekitar. 

Beberapa alternatif wisata yang dikembangkan pihak TNK antara lain pendakian area Niowula-Wilogai-Sokoria, Jalur Wisata budaya Tenun Ikat Moni -Woloara dan Bumi perkemahan Wologai. 

iklan

Semua pengembangan alternatif wisata alam dan budaya ini, menurut Agus, melibatkan masyarakat lokal.

“Kalau di danau yah kita hanya dapat dari bea masuk dan karcis parkir dan itu sangat kecil sehingga butuh dikembangkan alternatif baru,” ungkap Sitepu. 

Terpisah, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat mengapresiasi usaha Pemkab Ende yang telah mengawinkan pariwisata dengan budaya. Dirinya meminta pihak TNK untuk benar-benar menjaga keaslian infrastruktur di kawasan Danau Kelimutu termasuk memperhatikan kebersihan di kawasan danau kelimutu. 

Gubernur Laiskodat berjanji akan melibatkan Kementerian Pariwisata dalam pelaksanaan Festival Danau Kelimutu pada tahun 2020.

“Saya minta tahun depan sekolah diliburkan sepekan. Semua terlibat di festival. Pemrov akan terlibat dan saya akan komunikasikan dengan pihak kementerian agar semua ke sini,” ungkapnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA