Sosialisasi Diseminasi Peta Jalan Rumput Laut Kabupaten Sikka, Wabup Romanus: Kembalikan Kejayaan Rumput Laut!

Maumere, Ekorantt.com – Yayasan Kalimajari bekerja sama dengan Rikolto Indonesia menggelar sosialisasi tentang diseminasi peta jalan rumput laut Kabupaten Sikka di Aula Go Hotel Maumere, Flores, NTT, Selasa (10/12). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga.

Wabup Romi, demikian ia biasa disapa, dalam sambutan pembukaan acara tersebut mengisahkan kembali kejayaan rumput laut Kabupaten Sikka pada 10 tahun yang lalu. Menurut dia, rumput laut mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Maumere ini kekayaan alamnya sangat potensial. Kekayaan alam yang berlimpah harus dikelola dengan keterampilan dan pengetahuan sehingga kesejahteraan dapat terjamin,” ungkap Mantan Ketua Yaspem Maumere ini.

Romi menekankan, masyarakat dan pihak terkait harus yakin bahwa rumput laut akan kembali berjaya.

Koordinator Program Rumput Laut Rikolto Indonesia Muhamad Ziaulhag menyampaikan, sejarah perkembangan Rikolto memiliki hubungan yang erat dengan Flores. Rikolto berdiri di Flores pada tahun 1960 dengan kantor pusat di Manggarai.

iklan

Muhamad mengungkapkan, selama dua tahun belakangan ini, Rikolto sudah mendampingi beberapa petani beras, kakao, kayu manis, dan rumput laut. Selain Kabupaten Sikka, Rikolto menjalin kerja sama dengan Yayasan Kalimajari dan mengintervensi Nusa Penida melalui pendekatan hilirisasi produk rumput laut.

Untuk diketahui, program kerja sama antara Rikolto dan Yayasan Kalimajari pada sektor rumput laut di Kabupaten Sikka sudah mulai berkembang. Stok bibit komoditas yang mensuplai seluruh Kabupaten Sikka tersedia. Para petani juga mulai memahami cara budidaya yang baik dan benar. Selain itu, sudut pandang pemangku kepentingan melihat rumput laut sebagai komoditas yang potensial mulai berkembang ke aah yang lebih baik.

Untuk menjamin keberlanjutan program pengembangan budidaya rumput laut tersebut, Rikolto Indonesia dan Yayasan Kalimajari menyusun peta jalan. Tujuannya adalah memperjelas target dan capaian komoditas rumput laut. Hasil penyusunan peta jalan akan disosialisasikan dalam bentuk acara Diseminasi Peta Jalan Rumput Laut Kabupaten Sikka.

Turut hadir dalam kegiatan itu Dinas Perikanan Kabupaten Sikka, DPMD, BKSDA, Rektor UNIPA Maumere dan staf, Australian Global Alumni, Kades dampingan program yaitu, Kades Reroroja, Magepanda, Kolidetung, Wailamung, dan Kades Lela.

TERKINI
BACA JUGA