Warga Minta Jembatan Dagemage Segera Diperbaiki

Maumere, Ekorantt.com – Warga Kecamatan Magepanda minta pemerintah provinsi NTT untuk segera mengalokasikan dana bagi pengerjaan jembatan Dagemage.

Kondisi pasca banjir pada Minggu malam (05/1/2019)  membuat jembatan darurat ambruk dan tersapu banjir. Akibatnya jalur transportasi yang menghubungkan wilayah Pantai Utara dari dan  ke kota Maumere terhambat.

Pantauan Ekora NTT pada Senin pagi (06/1/2020), hanya kendaraan bermotor yang bisa melintas. Itu pun harus dibantu oleh beberapa anak muda yang hadir di lokasi.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan enam tak bisa melintas. Sejumlah penumpang terpaksa harus turun dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lainnya yang sudah menunggu di seberang.

Hingga berita ini diturunkan kondisi jalan darurat sudah dikerjakan secara swadaya oleh warga. Pantauan Ekora NTT pada Selasa pagi (07/1/2020) kendaraan roda empat dan enam sudah bisa melintasi jalan darurat tersebut.

iklan

Nona Vincensia, warga Desa Magepanda meminta perhatian dan penanganan serius dari Pemerintah untuk segera memperbaiki jembatan ini.

“Kalau bisa buatkan jembatan darurat yang layaklah untuk bisa dilewati. Kalau yang ada sekarang paling bisa lewat saat tidak hujan saja. Kalau datang hujan besar dan ada banjir maka jelas tidak bisa lewat. Kasian sekali nasib kami warga pantai utara ini. Setiap kali musim hujan kami selalu menderita,” ujar Vincensia. 

Yul Lejo, sopir angkutan pedesaan jurusan Magepanda Maumere,  menambahkan kondisi jembatan Dagemage yang saat ini rusak harus segera diperbaiki oleh pemerintah karena menghambat laju mobilisasi orang dan barang dari dan ke Maumere.

“Saya pribadi kasian juga dengan para penumpang karena kondisi jembatan ini berpengaruh juga terhadap tarif pembayaran yang hrus dibayar dua kali ganti kendaraan. Jadi kalau bisa dibangun tahan dulu yang darurat tapi yang bagus memang,” kata Yul.

Sementara itu Benediktus Lukas Raja, anggota DPRD Sikka asal Magepanda meminta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur agar memprioritaskan pembangunan jembatan Dagemage.

“Ini akses jalan satu-satunya di wilayah utara dari dan ke kota Maumere. Transportasi dari Kabupaten Ende, Nagekeko dan Ngada wilayah utara melewati jembatan ini, jadi saya mohon Pemerintah Provinsi NTT memprioritaskan pembangunan jembatan Dagemage ini,” tutup Dicky, sapaan dari Benediktus Lukas Raja.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA