LPPKPD Telaah Program Simantri Pemkab Manggarai Lewat Buku

Ruteng, Ekorantt.com – Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD) menulis sebuah buku hasil telaah atas program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) ala Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Buku berjudul “Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai: Paradigma Program Simantri dan Strategi Inovasi” diluncurkan di ruangan Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai, Senin (27/07/2020).

Penulis sekaligus Ketua LPPKPD, Heribertus Erik San menjelaskan, buku tersebut merupakan pengembangan dari tesisnya pada Program Studi Magister Administrasi Kebijakan Publik.

Erik San mengungkapkan, dirinya melakukan riset program dengan membandingkan teori kebijakan/program, hasil studi literatur dokumen program Simantri Pemkab Manggarai, dan kunjungan ke lokasi kelompok tani Simantri. Tak lupa dibandingkan pula dengan model program Simantri di daerah lain, seperti Simantri Provinsi Bali.

Dalam buku setebal 122 itu, kata Erik San, ditulis juga tawaran inovasi program Simantri ke depannya.

iklan

Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami berbagai kalangan masyarakat, penulis berharap buku yang diterbitkan oleh Penerbit Ledalero ini bermanfaat bagi semua pihak.

Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur lantas mengapresiasi penulis buku dan lembaga LPPKPD yang telah menelaah kebijakan publik di Kabupaten Manggarai.

“Sebagai pimpinan daerah mewakili Bapak Bupati Manggarai yang tidak sempat hadir dan masyarakat Manggarai umumnya, saya mengapresiasi kepada pendiri lembaga LPPKPD yang sudah siap bekerja sama dalam menelaah setiap kebijakan daerah ini,” kata Madur.

Kegiatan peluncuran buku tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur, Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Jahang Fansi Aldus bersama seluruh jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Manggarai beserta jajaran pengurus LPPKPD.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA