Bupati Robi Resmikan Kantor Kopdit Plelu Meluk

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo meresmikan kantor Kopdit Plelu Meluk Wolokoli, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka pada 12 Agustus 2020 lalu. Dalam kesempatan itu, Bupati Robi menegaskan bahwa pemerintah memberi ruang seluas-luasnya untuk koperasi.

“Kegiatan perekonomian apapun kita harus mengandalkan koperasi dengan bela beli sikka. Bela beli sikka kita mulai dari koperasi,” jelasnya

Bupati Robi meminta lembaga koperasi untuk mengembangkan kapasitas SDM anggotanya. Sementara itu, pemerintah akan terus memberikan dukungan. Diharapkan seluruh anggota koperasi hidup aman dan sejahtera.

“Jadi saya harap semua anggota koperasi memastikan seluruh anggota yang putra putrinya yang kuliah itu bisa akses dana pemerintah supaya aman untuk kesejahteraan. Kesehatan aman, pendidikan aman. Yang terakhir urus ekonomi. Jadi pinjaman di koperasi tidak terganggu untuk urusan pendidikan dan kesehatan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga mengatakan bahwa pendiri KSP Kopdit Plelu Meluk telah berjuang dengan penuh pengorbanan dan pengabdian.

iklan

“Proses pembangunan kantor juga penuh dengan pengorbanan dan pengabdian. Saya, Romo Arnol dan Pa Camat waktu acara peletakan batu pertama, kami meniti sebuah jembatan kecil dari bambu untuk meletakkan batu. Waktu itu kondisi lokasi cukup sulit sehingga kami harus ekstra hati-hati, ” ungkapnya.

Namun, sekarang sudah ada gedung baru yang dibangun lewat kekuatan swadaya anggota karena demikianlah jati diri koperasi. Wabup Romanus pun meminta pengelola Kopdit Plelu Meluk untuk menjaga dan memelihara gedung yang baru demi pelayanan kepada anggota.

Sementara itu, Ketua Kopdit Plelu Meluk, Theodorus Rindu mengatakan, Kopdit Plelu Meluk lahir pada 14 Desember 1993, dengan 11 anggota awal.

Saat itu, tutur Rindu, mereka memakai rumah penduduk setempat. Dalam perjalanan waktu, mereka berusaha membeli sebidang tanah, yang kemudian dipakai sampai saat ini.

“Pada tahun 2016 pengurus bersama anggota memulai membangun gedung kantor pusat pelayanan yang berlokasi di Dusun Gedo, Desa Wolokoli. Lima tahun dalam penyelesaiannya dengan kekuatan dari anggota sampai bisa rampung dengan swakelola,” sebutnya.

“Terhitung mulai diresmikan hari ini, semua transaksi bagi anggota dan calon anggota selanjutnya pelayanan akan dilakukan di tempat ini. Sementara di kantor yang lama yang terletak di Dusun Wolokoli akan dijadikan tempat pelayanan cabang kas untuk anggota di sekitarnya. Untuk itu saya mengajak kita semua yang hadir untuk menjadi anggota,” jelasnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA