Anggota Kopdit Obor Mas Belajar Pencatatan Keuangan Lewat Chatat.id

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Obor Mas memberikan perhatian khusus bagi pengembangan usaha produktif anggota. Tidak hanya memberikan pelayanan keuangan, para anggota juga dibekali pencatatan keuangan yang memadai. Tujuannya, manajemen keuangan anggota menjadi lebih terarah dan terukur.

Demi mewujudkan hal itu, KSP Kopdit Obor Mas menggandeng Aplikasi Chatat.id untuk memberikan bekal tentang pencatatan keuangan bagi 60 anggota di Capa Resort pada Sabtu (20/2/2021). Para anggota yang terlibat di antaranya pengusaha kios, pemilik kos, pramuwisata, pengusaha kuliner, pemilik toko oleh-oleh, dan beberapa pelaku UMKM lainnya.

Pelatihan dilakukan secara virtual. Para anggota belajar pencatatan keuangan dan diperkenalkan pada fitur-fitur pencatatan keuangan lewat aplikasi Chatat.id. Mulai dari pencatatan pengeluaran hingga pencatatan pemasukan.

Di temui di sela-sela kegiatan, Rio Bass selaku Sales Force (SF) wilayah Maumere menuturkan, Chatat.id merupakan aplikasi pencatat keuangan bisnis yang mudah, murah, dan praktis. Tanpa harus memahami ilmu keuangan, para pengguna bisa menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi.

Kerja sama antara KSP Kopdit Obor Mas dan Chatat.id sendiri, kata Rio, telah dimulai sejak November 2020. Anggota KSP Kopdit Obor Mas, khususnya yang bergerak di sektor riil, diharapkan mampu menggunakan pencatatan keuangan digital ini untuk kepentingan usaha mereka.

iklan

Yanuar, 32 tahun, warga Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka menuturkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Chatat.id.

“Selama ini kan kita hanya tahu uang masuk dan uang keluar. Sekarang dengan adanya Chatat.id, kita punya cash flow jadi lebih bagus,” kata Yanuar.

Yanuar telah menjadi anggota KSP Kopdit Obor Mas sejak 2017. Kini, dirinya merasakan pelayanan keuangan demi mendanai usahanya.

Berkat bantuan KSP Kopdit Obor Mas, Yanuar mengembangkan usaha kios sembako dan kamar kost. Untuk itu, ia berterima kasih kepada Kopdit yang berpusat di Kota Maumere ini.

Hal senada disampaikan Martinus, 46 tahun, warga Kota Uneng, Maumere yang sudah 12 tahu menjadi anggota KSP Kopdit Obor Mas.

“Aplikasi ini sangat bagus dalam membantu pengelolaan keuangan. Selama ini kita hanya melakukan pencatatan secara manual saja. Kita sering mecampuradukan uang usaha dengan uang keluarga jadi sulit untuk menghitung keuntungan,” kata Martinus.

Cucun Suryana

TERKINI
BACA JUGA