Jokowi Berkunjung ke Sikka, Warkop Mama Donata Laris Manis

Maumere, Ekorantt.com – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Sikka pada Selasa (23/2/2021) memberikan berkah tersendiri bagi Donata Dedo. Betapa tidak, jualan di warung kopinya laris manis.

Mama Donata, begitu sapaan manisnya, merintis usaha warung kopi dan kios sembako sejak dimulainya pembangunan Bendungan Napun Gete empat tahun silam.

Terletak di pintu masuk bendungan, kiosnya tersebut jadi langganan para pekerja. Mereka bisa membeli barang kebutuhan sehari-hari di kios milik Mama Donata.

Di kios yang sama, Mama Donata menyediakan minuman dan makanan layaknya warung kopi. Terdaftar daftar menu yang bisa dipilih oleh tamu.

Kopi hitam dijual seharga Rp3.000 per gelas, kopi susu Rp6.000, susu Rp6.000, teh panas Rp3.000. Untuk makanan, disediakan mie soto seharga Rp7.000 per porsi, mie telur Rp10.000, mie goreng Rp7.000, dan mie goreng pakai telur Rp12.000.

iklan

Di tengah rencana kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, mobilitas orang ke Bendungan Napun Gete kian tinggi. Mama Donata pun kecipratan rezeki.

Anggota TNI-Polri dan sejumlah petugas lain rutin ke sana. Biasanya mereka mampir ke warung kopi Mama Donata sekadar untuk menikmati secangkir kopi dan rokok.

Bila pada hari-hari biasa, ia mendapatkan 200 ribu rupiah per hari, maka dengan adanya rencana kunjungan RI 1, Mama Dona bisa meraup keutungan hingga sejuta per hari.

“Sejak rencana kunjungan Bapak Presiden Jokowi untuk meresmikan bendungan ini, lumayanlah pendapatan dari usaha warung meningkat hingga satu juta rupiah per harinya,” kata Mama Donata di sela-sela peresmian Bendungan Napung Gete.

Khusus pada hari peresmian, jumlah tamu meningkat. Selain anggota TNI-Polri, ada juga para awak media yang mau meliput acara peresmian.

“Mereka minum kopi dan makan mie rebus. Mie rebus dan mie goreng habis satu dos,” ujarnya.

Dengan senang hati, Mama Donata berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena sudah berkunjung ke Sikka dan meresmikan Bendungan Napun Gete.

“Tunda beberapa kali, sekarang resmi. Terima kasih Bapak Presiden,” ucapnya.

Mama Donata juga semakin bersemangat karena Bendungan Napun Gete nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi masyarakat di Kabupaten Sikka. Itu berarti usaha warung kopinya tetap berdenyut.

“Mudah-mudahan akan tetap ramai. Ini kan nanti banyak orang yang datang mau piknik,” imbuhnya.

Memang dalam desainnya, Bendungan Napun Gete merupakan bendungan multifungsi: membantu pengairan untuk pertanian, juga menjadi tempat melepas penat bagi wisatawan lokal.

Mama Donata tersenyum bahagia. Napun Gete meneteskan rezeki untuknya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA