Rawat Kebhinekaan, GP Ansor Manggarai Barat Gelar DTD

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menggelar kegiatan Diklat Terpadu Dasar (DTD) di Hotel Pelangi Labuan Bajo, Jumat (26/2/2021). Kegiatan ini mengusung tema merawat kebhinekaan menjaga keindonesiaan.

Ketua Panitia Pelaksana, Usman Midin mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, hingga Minggu (28/2/2021).

Ia menyebut, peserta DTD diikuti oleh 50 orang yang berasal dari 12 kecamatan di Manggarai Barat.

“Usai seremonial pembukan ini selanjutnya para peserta akan diarahkan menuju Kampung Lemes, Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo,” katanya.

Sementara itu, penanggung jawab GP Ansor Mabar, Densi menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda agar menjadi kader bangsa yang cerdas, tangguh, memiliki keimanan serta  semangat nasionalisme.

iklan

“Kita akan menjadi garda paling depan untuk membendung isu-isu berbau sara. Ini merupakan kewajiban moral untuk menjaga NKRI. Karena GP ansor juga turut memberi andil dalam memerdekakan Indonesia,” tegasnya.

Densi menyampaikan, JP Ansor berkomitmen untuk bersinergi dengan berbagai pihak termasuk Pemkab Mabar dalam upaya merawat kebhinekaan yang menjadi spirit rakyat Indonesia.

“Kita mendukung kearifan lokal yang sudah dibangun oleh orang-orang tua kita dulu. Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk bersinergi menjaga NKRI,” pintanya.

Di tempat yang sama, Ketua Nahdlatul Ulama, Manggarai Barat, H. Muhamad Ishak Jabi, mengajak semua pihak untuk tetap setia bersama merah putih.

Menurutnya, keberagaman sebagai alat pemersatu kehidupan berbangsa. Karena itu ia meminta, toleransi antar agama, suku dan golongan tetap dipertahankan dan dijunjung tinggi.

“Mari kita bersama-sama, merajut keberagaman dan bergandeng tangan,” pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, perwakilan TNI, Polri dan para perwakilan lintas agama.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA