Panen Ikan Lele di Patiahu, Bupati Robi Minta Masyarakat Harus ‘Survive’

Maumere, Ekorantt.com – Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok di Dusun Patiahu, Desa Runut, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka berbuah hasil. Sekitar 16.800 ekor ikan lele siap dipanen.

Budidaya ikan lele ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dirjen Perikanan Budidaya tahun anggaran 2020 untuk unit usaha Kelompok Patiahu milik STFK Ledalero pada November 2020.

Dalam kegiatan panen perdana pada 15 Maret 2021, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengatakan, masyarakat Kabupaten Sikka patut berterima kasih karena pemerintah pusat terus menggalakkan program pemulihan ekonomi.

Masyarakat, menurutnya, harus tetap survive dengan mengembangkan potensi yang ada, baik potensi SDA maupun SDM.

“Proyek ini dari pusat dan merupakan aspirasi Bapak Ansy Lema. Walaupun Dapilnya bukan Florata namun penyebarannya sampai di Flores. Dengan tersedianya ikan laut yang cukup selama ini,  budidaya ikan tawar seperti diabaikan. Dengan panen ikan lele saat ini, lidah masyarakat sudah mulai akrab dengan lele,” ujar Bupati Robi.

iklan

Bupati Robi juga berterima kasih kepada Seminari Tinggi Ledalero karena menyediakan tempat belajar bagi masyarakat.

“Kadis Perikanan Sikka agar bisa memperhitungkan peluang refocusing anggaran seiring Pemulihan Ekonomi Nasional. Pengembangan budidaya ikan air tawar dapat menjadi salah satu alternatif program,” kata Bupati Robi.

Rektor Seminari Tinggi Ledalero, Pater Frans Ceunfin, SVD juga berterima kasih kepada semua pihak, khususnya untuk Anggota DPR RI, Ansy Lema.

“Usaha ini sangat membantu ekonomi masyarakat terlebih pemenuhan kebutuhan pangan dan pendapatan lainnya. Juga menjadi tempat PKL bagi siswa dari Flores Timur, Lembata, Ngada, Nagekeo,” ungkap Pater Frans.

Sementara Penyuluh Perikanan Pendamping Kegiatan Budidaya Ikan Lele Patiahu, Brigita Nong Meak merasa senang karena mampu membudidayakan ikan lele dengan sistem bioflok yakni teknik budidaya dengan bantuan bakteri.

“Panen pertama dilakukan oleh Bupati Robi didampingi istrinya adalah hal yang luar biasa karena hal ini merupakan contoh awal kegiatan budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok,” tutup Rita.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA