Akunitas Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Pelaku UMKM di Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Asosiasi Pelaku Usaha Unitas (Akunitas) menggelar pelatihan literasi digital dan literasi E-Comerce untuk para pelaku UMKM di Aula Pintar Asia Swalayan (PAS), Kelurahan Kotauneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Selasa (27/4/21). Ini dilakukan sebagai upaya pengembangan kemampuan para pelaku UMKM di kabupaten itu.

Pelatihan tersebut diikuti oleh Akinitas, Akusikka, Bumdes, dan Pintu Air. Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga. Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Kemendes PDTT Urusan Bidang Antar Lembaga, Samsul Widodo, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo, Kensius Didimus, Kadis Perikanan, Paulus H Bangkur, Ketua Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Akunitas Cabang Sikka, Isye, menyampaikan, kegiatan tersebut berdasarkan hasil audiens antara Akunitas bersama tim Kemendes PDTT di Hotel Wailiti beberapa waktu lalu.

Tim Kemendes kata dia, sangat merespon permintaan Akunitas untuk mengadakan pelatihan bagi UMKM di Sikka. “Saya terkejut sekaligus terharu, Pak Samsul Widodo dan tim begitu cepat merespon permintaan kami. Saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya kepada kami pelaku UMKM Kabupaten Sikka,” tuturnya.

Ditemui usai kegiatan, Staf Ahli Kemendes PDTT Urusan Bidang Antar Lembaga, Samsul Widodo, menilai bahwa selama ini pemerintah menyelesaikan persoalan hanya di permukaan. Tetapi permasalahan lapangan belum diselesaikan dengan tuntas.

iklan

“Saya tidak mau hanya bekerja di permukaan, kita harus paham dinamika dan kendala langsung di lapangan. Apa dan bagaimana problem yang dihadapi supaya pendampingan kita tepat sasaran. Gak masalah kalo kita harus bolak balik untuk menyelesaikannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Konsultan E-Commerce dan IT, Ines Handayani mengajarkan strategi memasarkan produk secara online. Ia juga menjelaskan pentingnya pengetahuan produk dan spesifikasinya sebelum memasarkan produk ke market place. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya inovasi produk.

Cucun Suryana

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA