Segarnya Es Gelora yang Legendaris

Maumere, Ekorantt.com – Letaknya yang berada di pesisir pantai membuat udara Kota Maumere panas. Ditambah teriknya matahari pada siang hari bikin badan cepat gerah dan mudah haus. Nah, minuman dingin bisa menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh.

Bagi Anda yang ingin meneguk minuman dingin, Kedai Es Gelora bisa jadi salah satu alternatif pilihan. Ekora NTT berkesempatan untuk bertandang ke kedai Es Gelora pada akhir April 2021 lalu. Kedai yang berlokasi di sisi utara Stadion Gelora Samador Maumere ini ramai dikunjungi pengunjung siang itu.

Pemilik Kedai Es Gelora, Rili Iwa sibuk melayani pembeli yang didominasi anak sekolah dan mahasiswa. Beberapa pengunjung langsung melahap minuman dingin di situ. Sementara yang membawanya pulang.

Rili mengungkapkan, Kedai Es Gelora dibuka pada tahun 2012. Ia sempat merantau ke Jakarta. Dirinya mengikuti kursus pengolahan makanan dan minum sebelum pulang ke Maumere.

Semula, semua menu yang ditawarkan adalah sajian yang hangat. Tapi keinginan pasar lain. Sembilan bulan kemudian, Rili mengolah dan menjual menu dalam bentuk minuman dingin hingga sekarang.

iklan

Kedai ini, kata Rili, menawarkan beberapa menu es yang murah meriah, enak, dan mengenyangkan. Mulai dari Es Cappuchino Singkong, Es Singkong Keju, Es Singkong, Es Buah, Es Pocong hingga Es Gelora yang legendaris. Harga menu berkisar dari Rp6.000 hingga Rp18.000 per porsi.

“Kalau minum Es Gelora pulang langsung bergelora nona, karena segarnya dapat kenyangnya dapat,” ucap Rili tersenyum.

Agar minuman tetap berkualitas, Rili sangat memperhatikan bahan baku, seperti ubi. Untuk ubi, ada penjual langganan dari Halat dan Nita kloang. Selain itu, dirinya berinovasi dalam melahirkan menu-menu baru.

Sebelum pandemi Covid-19, Kedai Es Gelora bisa meraih omzet jutaan rupiah dalam sehari. Di tengah pandemi seperti sekarang, Kedai Es Gelora tetap dibuka. Penghasilan tetap ada walaupun kecil.

“Kalau siang panas orang orang tetap kemari cari Es Gelora. Di Maumere ini kalau kita jual es apa saja pasti laku, tinggal kemauan dari kitanya saja,” tuturnya.

Untuk promosi Iwa sangat berterima kasih kepada siswa-siswi sekolah yang berada di sekitar kedai miliknya.

“Saya senang mereka berlomba-lomba datang ke sini kalau pulang sekolah, jatuhnya jadi seperti tempat nongkrong ini,” ungkapnya.

Priska, salah satu pelanggan Kedai Es Gelora, menyisihkan uang jajannya untuk membeli seporsi Es Gelora. Ia menikmatinya untuk menghilangkan dahaga di tengah panasnya Kota Maumere.

Aty Kartikawati

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA