6 Tuntutan Puluhan Nakes di Sikka saat Bertandang ke ‘Lepo Kula Babong’

Maumere, Ekorantt.com – Puluhan tenaga kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam 16 organisasi profesi kesehatan di Kabupaten Sikka mendatangi ‘Lepo Kula Babong’ pada Senin (11/7/2021). Mereka menuntut klarifikasi terkait pernyataan anggota DPRD Sikka, Benediktus Lukas Raja yang dirasa mencederai profesi mereka.

Setelah melakukan telaah mendalam terhadap beberapa pernyataan Dicky Raja, organisasi profesi kesehatan yang terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sikka menyampaikan pernyataan sikap yang dibacakan oleh dr. Mario B. Realino Nara. Adapun pernyataan sikapnya sebagai berikut:

Pertama, kami menyesalkan pernyataan-pernyataan anggota DPRD Sikka atas nama Bapak Benediktus Lukas Raja dalam video tersebut yang kontraproduktif pada upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sikka. Ujaran ini berpotensi menimbulkan rasa tidak percaya masyarakat kepada tenaga kesehatan [dan fasilitas kesehatan], melemahkan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang sedang giat kita lakukan dan terutama membahayakan keselamatan rakyat Sikka dalam masa pandemi Covid-19.

Kedua, kami menolak dan membantah dengan tegas beberapa pernyataan Bapak Benediktus Lukas Raja dalam tayangan video tersebut.

Ketiga, kami menuntut klarifikasi atas berbagai pernyataan dan tuduhan Bapak Benediktus Lukas Raja yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

iklan

Keempat, kami mendesak permohonan maaf Bapak Benediktus Lukas Raja secara terbuka di media massa selama 3 (tiga) hari berturut-turut, apabila beliau tidak sanggup membuktikan pernyataan dan tuduhannya dalam video tersebut.

Kelima, Kami mendesak agar Bapak Benediktus Lukas Raja tidak melakukan tindakan gegabah berkaitan dengan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID19 di kabupaten Sikka, terutama melalui media seperti yang telah dilakukan dalam postingan facebook beberapa saat lalu.

Keenam, kami mendesak Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sikka untuk memberikan sanksi kepada anggota DPRD Sikka atas nama Bapak Benediktus Lukas Raja atas berbagai pernyataannya yang berpotensi menimbulkan rasa tidak percaya masyarakat kepada tenaga kesehatan [dan fasilitas kesehatan], melemahkan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang sedang giat kita lakukan dan terutama membahayakan keselamatan rakyat Sikka dalam masa pandemi Covid-19.

TERKINI
BACA JUGA