Asap dan Hawa Panas Muncul dari Timbunan Bebatuan di Desa Tanjung Batu, Ini Dugaan PPGA

Larantuka, Ekorantt.com – Petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, mendatangi lokasi munculnya asap dan hawa panas dari timbunan bebatuan di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Ile Ape, Senin (26/7/2021)

Kepala PPGA Ile Lewotolok, Stanis Ara Kian, menerangkan, berdasarkan
laporan sementara hasil pengamatan lapangan oleh Tim PPGA dan BPBD Kabupaten Lembata, suhu udara di lokasi mencapai 33°c, suhu panas gas 39.1°c, tidak tercium adanya bau gas belerang, dan tidak teramati asap gas.

Pihaknya, lanjut Stanis, menduga fenomena itu disebabkan oleh adanya air yang masih terjebak di dalam timbunan material saat badai seroja.

“Air kemudian berubah menjadi panas karena adanya bebatuan di bagian atas sehingga menghasilkan uap air. Uap air itu keluar yang melewati lubang – lubang itu,” jelasnya.

Sebelumnya, warga Desa Tanjung Batu, dikejutkan dengan munculnya asap dan hawa panas yang menyeruak dari timbunan bebatuan pasca banjir bandang yang menerjang Ile Ape pada April lalu.

iklan

Fenonema alam yang langka itu sempat terekam kamera seorang warga dan bahkan viral di grup WhatsApp, sekitar pukul 08.17 WITA, pada Senin, (26/7).

“Fenomena baru dampak erupsi dan banjir bandang Ile Lewotolok. Muncul asap berhawa panas di daerah Tanjung Batu,” tulis Ludgerdus Lidan, Ketua BPD Desa Amakaka sambil menampilkan beberapa video dan foto.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA