Cara Kreatif Tiga Ibu Kakak Beradik di Maumere, Tanamkan Nilai Patriotik pada Anak Usia Dini Saat HUT RI

Maumere, Ekorantt.com – Menyadari orang tua memanggul tugas sejarah teramat penting yakni menanamkan nila-nilai patriotik pada anak sejak dini. Ide kreatif itu datang dari tiga ibu kakak beradik yakni Serly Kedong, Tety Kedong dan Ineke Kedong dengan menggelar aneka lomba meriahrayakan HUT RI ke 76.

Kegiatan itu dilakukan di kediaman Maria Kedong Larawona di Waipare, Desa Watumilok, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka pada Selasa, ( 17/8/2021).

Lomba diikuti enam anak dari ketiga ibu ini yang bersekolah di TK dan SD Maria Ferarri Maumere. Mereka ialah Sesilia Langga (5) TK-B, Geraldy Pitang, (4) TK-A, Jonathan Ary (4) TK-A, Gracia Van Ary (7),  Maria Pitang (7)  siswa kelas 2 SD Ferrari, dan Maria Langga (6) siswa kelas 1 SD Ferrari.

Menurut Ibu Sherly Kedong, lomba yang dilaksanakan adalah makan kerupuk, gigit sendok kelereng, mengisi pensil pada botol, mewarnai dan goyang Tiktok. Kemudian terakhir ialah menceritakan sejarah perjuangan para pahlawan.

“Sudah dua tahun perayaan HUT RI dimasa pandemi kami selenggarakan aneka lomba yang diikuti anak kami dalam suasana gembira, sederhana namun bermakna,” ujar Sherly kepada Ekora NTT Selasa, (17/8).

iklan

Ia mengatakan ketiga berperan sebagai juri dalam perlombahan sederhana itu. “Yang mendapatkan juara hadiahnya ice cream. Jadi semua belomba-lomba untuk meraih juara,” terangnya.

Tujuan yang lebih penting dari lomba, demikian mantan guru SMK St. Thomas Maumere ini ialah untuk menanamkan rasa persaudaraan, kekeluargaan dan menanamkan jiwa patriotisme pada anak sejak dini.

“Menanamkan nilai patriotik bukan hanya tanggung jawab guru lewat pembelajaran di sekolah tetapi tugas orang tua juga,” tandas Sherly.

Menanamkan nilai patriotik pada anak, tambah dia, tentu perlu bertahap disesuaikan dengan taraf berpikir anak. Caranya pun harus menyenangkan sekaligus membangkitkan rasa patriotisme dan imajinasi positif anak.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA