Fraksi Demokrat Soroti Mekanisme Mutasi Guru di Ende

Ende, Ekorantt.com – Persoalan mutasi guru di Kabupaten Ende mendapat sorotan dari Anggota DPRD Ende dalam sidang paripurna yang digelar pada Rabu (18/8/2021).

Anggota DPRD Ende dari Fraksi Demokrat, Virgilius Kami meminta proses mutasi guru dan kepala sekolah dari kota ke desa atau pun sebaliknya harus dilakukan dengan kajian yang matang.

“Saya minta Ibu Kadis perlu lakukan evaluasi lagi terhadap beberapa guru dan kepala sekolah yang dimutasi. Kalau yang sudah di gunung turun kota dan yang dari kota naik ke gunung maka pasti akan berdampak pada kinerja. Saya dapat laporan banyak. Ada yang tiga bulan baru masuk sekali. Itu karena pemindahan tanpa ada kajian. Jadi yang sudah di gunung jangan lagi ke kota,” ujar Virgilius.

Selain evaluasi proses mutasi guru, Fraksi Demokrat mendesak pemerintah untuk memperhatikan fasilitas penunjang bagi tenaga pendidik yang bertugas di wilayah desa dan pedalaman.

“Masih terdapat beberapa kekurangan pada bidang pendidikan. Salah satunya adalah pendistribusian penempatan guru yang ada di daerah-daerah terpencil,” ucap politisi Demokrat ini.

iklan

Pihaknya berharap, tenaga pendidik di wilayah terpencil harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Dengan adanya fasilitas yang memadai bagi guru tentu proses belajar mengajar di sekolah di wilayah pedalaman berjalan sesuai harapan,” tandas Virgilius.

“Pemerintah melalui dinas ingin mutasi guru dari kota ke desa  harus mempertimbangkan lebih matang karena sampai hari ini ada guru maupun kepala sekolah yang mendapatkan SK  penempatan di daerah pedalaman namun tidak menjalankan tugas dengan maksimal,” ujar Virgilius

TERKINI
BACA JUGA